Pengaruh Variasi Rasio C/N Media Terhadap Pertumbuhan Isolat Acetobacter xylinum FNCC-0001 dan Produksi Bacterial Cellulose

KUSUMA W, KARTIKA (2019) Pengaruh Variasi Rasio C/N Media Terhadap Pertumbuhan Isolat Acetobacter xylinum FNCC-0001 dan Produksi Bacterial Cellulose. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (148Kb)

    Abstract

    Bacterial cellulose merupakan polisakarida ekstraseluler yang dihasilkan dari polimerisasi gula (glukosa) oleh bakteri Acetobacter xylinum. Dalam proses pembuatannya, komposisi media yaitu rasio konsentrasi karbon dan nitrogen (rasio C/N) berperan penting dalam menunjang pertumbuhan bakteri dan produksi bacterial cellulose. Sumber karbon yang digunakan dalam penelitian ini adalah glukosa dan sumber nitrogen yang digunakan adalah pepton. Jumlah biomassa sel dihitung dengan metode TPC, metode berat kering sel (CDW), dan metode optical density. Yield BC dihitung dengan metode gravimetri yang sebelumnya BC tersebut dipanaskan didalam NaOH 0,1 N selama 20 menit. Sisa substrat dalam media dihitung dengan metode DNS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio C/N media terhadap pertumbuhan Acetobacter xylinum FNCC-0001 yang dilihat dari jumlah biomassa sel dan parameter kinetika fermentasi juga untuk mengetahui pengaruhnya terhadap bacterial cellulose yang dihasilkan. Rasio C/N yang digunakan adalah 5,39; 6,31; dan 7,23 dengan air kelapa sebagai media fermentasinya. Hasil dari penelitian ini adalah rasio C/N 5,39 memiliki nilai terbaik untuk parameter Rp, Yp/x, dan σ. Rasio C/N 6,31 memiliki nilai terbaik untuk parameter Yp/s. Rasio C/N 7,23 memiliki nilai terbaik untuk parameter µ, Td, n, Rx, dan Rs. Dari penjelasan tersebut, rasio C/N 7,23 merupakan rasio C/N terbaik untuk pertumbuhan Acetobacter xylinum FNCC-0001 dan rasio C/N 5,39 merupakan rasio C/N terbaik untuk produksi bacterial cellulose dengan isolat Acetobacter xylinum FNCC-0001. Penelitian terkait penggunaan sumber nitrogen lain kedalam media, penelitian terkait pH maupun suhu optimum, dan optimasi rasio C/N untuk Acetobacter xylinum FNCC-0001 perlu dilakukan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 07:31
    Last Modified: 12 Apr 2019 07:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43659

    Actions (login required)

    View Item