Analisis Upaya Hukum Kasasi Terhadap Putusan Judex Facti Menyatakan Surat Dakwaan Tidak Dapat Diterima Dalam Perkara Penganiayaan (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 289K/PID/2017)

Surya Swastika kurniawati, Vanessa (2019) Analisis Upaya Hukum Kasasi Terhadap Putusan Judex Facti Menyatakan Surat Dakwaan Tidak Dapat Diterima Dalam Perkara Penganiayaan (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 289K/PID/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (796Kb)

    Abstract

    Vanessa Surya Swastika Kurniawati. E0015411. ANALISIS UPAYA HUKUM KASASI TERHADAP PUTUSAN JUDEX FACTI MENYATAKAN SURAT DAKWAAN TIDAK DAPAT DITERIMA DALAM PERKARA PENGANIAYAAN (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 289K/PID/2017). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan menganalisis isu hukum untuk mengetahui upaya hukum Kasasi oleh Penuntut Umum terhadap putusan Judex Facti menyatakan surat dakwaan tidak dapat diterima dalam perkara penganiayaan serta pertimbangan Mahkamah Agung dalam mengabulkan permohonan Kasasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum normatif bersifat preskriptif dan terapan. Sumber bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan sumber penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan/dokumen. Teknik analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme dengan menggunakan pola berpikir deduktif, dari pengajuan premis mayor dan premis minor saling dihubungkan untuk ditarik konklusi. Hasil penelitian ini, telah diketahui bahwa upaya Kasasi Penuntut Umum atas dasar Judex Facti Pengadilan Negeri menyatakan surat dakwaan tidak dapat diterima telah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 ayat (1) huruf a KUHAP Judex Facti telah salah menerapkan peraturan hukum atau menerapkan peraturan hukum tidak sebagaimana mestinya. Serta pertimbangan Judex Juris mengabulkan permohonan Kasasi Penuntut Umum dan membatalkan putusan Pengadilan Negeri Menggala Nomor 381/Pid.B/2016/PN.Mgl tanggal 23 Januari 2017, mengadili sendiri Terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan dan dikenakan sanksi pidana penjara selama 2 (dua) bulan dengan masa penahanan yang telah dijalani dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan. Telah sesuai dengan ketentuan Pasal 255 ayat (1) jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Kata Kunci: surat dakwaan tidak diterima, kasasi, penganiayaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 07:27
    Last Modified: 12 Apr 2019 07:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43658

    Actions (login required)

    View Item