Manajemen Penanganan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan Seksual di Kabupaten Sragen oleh Aliansi Peduli Perempuan Sukowati (APPS)

SETIANINGSIH, OKTA (2019) Manajemen Penanganan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan Seksual di Kabupaten Sragen oleh Aliansi Peduli Perempuan Sukowati (APPS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (15Kb)

    Abstract

    Manajemen merupakan proses pengarahan kepada suatu kelompok yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen. Penelitian bertujuan untuk mengetahui manajemen penanganan perempuan dan anak korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh Aliansi Peduli Perempuan Sukowati (APPS) melalui fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah narasumber dan dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisa data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa managemen penanganan perempuan dan anak korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh Aliansi Peduli Perempuan Sukowati (APPS) sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada. Hal ini dikarenakan adanya perencanaan terkait dengan tujuan, strategi, sasaran, sumber daya, dan pelaksana rencana terkait dengan penanganan korban kekerasan. Pengorganisasian disusun secara terstruktur walaupun dalam penerapannya belum sesuai. Penggerakan terhadap anggota berjalan baik karena adanya usaha, cara, dan motivasi dari pemimpin. Pengawasan selalu dilakukan melalui rapat setiap bulannya dengan terget bahwa korban kekerasan seksual dapat survive kembali ke lingkungan sosial sebelum mengalami kekerasan tersebut. Kata Kunci: Manajemen, Kekerasan Seksual Perempuan dan Anak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 07:18
    Last Modified: 12 Apr 2019 07:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43656

    Actions (login required)

    View Item