MOTIF MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN FAKE ACCOUNT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kualitatif Mengenai Motif Mahasiswa FISIP UNS dalam Menggunakan Fake Account di Media Sosial Instagram)

APRILIANA, DIKA (2019) MOTIF MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN FAKE ACCOUNT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kualitatif Mengenai Motif Mahasiswa FISIP UNS dalam Menggunakan Fake Account di Media Sosial Instagram). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dika Apriliana. D0213036. MOTIF MAHASISWA DALAM MENGGUNAKAN FAKE ACCOUNT INSTAGRAM (Studi Kualitatif Mengenai Motif Mahasiswa FISIP UNS Dalam Menggunakan Fake Account di Media Sosial Instagram). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2018 Instagram merupakan salah satu media sosial yang cukup populer di Indonesia dan menempati posisi kedua sebagai media sosial yang paling diminati setelah Facebook. Pada tanggal 8 Februari 2016, Instagram membuat pengumuman bahwa penggunanya bisa berganti akun dengan cepat pada lebih dari satu akun Instagram sekaligus. Pihak Instagram sendiri membolehkan para penggunanya untuk mengakses hingga lima akun Instagram dalam satu perangkat. Fitur pergantian akun ini memberikan banyak keuntungan bagi pengguna, salah satunya yaitu kemudahan dalam melakukan stalking akun pengguna lain. Bahkan tidak jarang, para pengguna rela untuk membuat fake account agar dapat mempermudah kegiatan stalking. Alasan peneliti memilih meneliti tentang fake account di media sosial Instagram karena saat ini para pengguna Instagram rata-rata memiliki lebih dari satu akun. Hal tersebut menimbulkan rasa penasaran peneliti untuk mengetahui apa sebenarnya motif para pengguna Instagram dalam menggunakan fake account. Motif yang digunakan dalam penelitian ini adalah motif yang disampaikan oleh McQuail, yaitu: Motif Informasi, Motif Identitas Pribadi, Motif Integrasi dan Interaksi Sosial serta Motif Hiburan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara mendalam dengan informan. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan memilih sepuluh orang yang memenuhi kriteria untuk dijadikan informan. Berdasarkan hasil penelitian, pengamatan serta wawancara yang telah dilakukan, alasan sebagian besar informan menggunakan fake account di media sosial instagram adalah untuk memuaskan rasa ingin tahu dengan cara stalking. Sedangkan kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa menggunakan fake account pada media sosial instagram untuk mencari dan memperoleh informasi tentang berbagai hal. Fake account digunakan untuk melindungi identitas pribadi agar tidak ketahuan oleh orang lain dan penggunaan fake account akan memudahkan informan dalam melakukan stalking. Motif yang paling mendasari penggunaan fake account oleh mahasiswa FISIP UNS adalah motif informasi, dimana para informan lebih leluasa mengakses berbagai informasi yang terkadang sulit mereka dapatkan menggunakan akun pribadi mereka. Kata kunci: Motif, Fake account, Media sosial, Instagram

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 07:11
    Last Modified: 12 Apr 2019 07:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43654

    Actions (login required)

    View Item