HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN AKUNTANSI, KEPRIBADIAN, DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN PERENCANAAN KARIER BIDANG AKUNTANSI PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK WIKARYA KARANGANYAR

WULANDARI, TRI (2019) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN AKUNTANSI, KEPRIBADIAN, DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN PERENCANAAN KARIER BIDANG AKUNTANSI PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK WIKARYA KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (178Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tri Wulandari. HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN AKUNTANSI, KEPRIBADIAN, DAN PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DENGAN PERENCANAAN KARIER BIDANG AKUNTANSI PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK WIKARYA KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara pemahaman akuntansi dengan perencanaan karier bidang akuntansi siswa program keahlian akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wikarya Karanganyar; (2) hubungan antara kepribadian dengan perencanaan karier bidang akuntansi siswa program keahlian akuntansi di SMK Wikarya Karanganyar; (3) hubungan antara pengalaman praktik kerja industri dengan perencanaan karier bidang akuntansi siswa program keahlian akuntansi di SMK Wikarya Karanganyar; (4) hubungan antara pemahaman akuntansi, kepribadian, dan pengalaman praktik kerja industri dengan perencanaan karier bidang akuntasi siswa program keahlian akuntansi di SMK Wikarya Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Wikarya Karanganyar sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan di SMK Taman Siswa Sukoharjo. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Data diolah dengan bantuan program pengolahan data SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman akuntansi dengan perencanaan karier bidang akuntansi pada siswa program keahlian akuntansi di SMK Wikarya Karanganyar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,008 (p < 0,05); (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepribadian dengan perencanaan karier bidang akuntansi pada siswa program keahlian akuntansi di SMK Wikarya Karanganyar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,036 (p < 0,05); (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengalaman praktik kerja industri dengan perencanaan karier bidang akuntansi pada siswa program keahlian akuntansi di SMK Wikarya Karanganyar yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,014 (p < 0,05); (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman akuntansi, kepribadian, dan pengalaman praktik kerja industri dengan perencanaan karier bidang akuntasi pada siswa program keahlian akuntansi di SMK Wikarya Karanganyar yang ditunjukkan dengan persamaan garis regresi Y = 0,764 + 0,529 X1 + 0,324 X2 + 0,402 X3 yang signifikan secara statistik. Variabel didalam perencanaan karier bidang akuntansi ditentukan oleh pemahaman akuntansi, kepribadian dan pengalaman praktik kerja industri sebesar 46,50% sementara yang 53,50% ditentukan oleh faktor lain. Kata Kunci: pemahaman akuntansi, kepribadian, pengalaman kerja, perencanaan karier bidang akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 10 Apr 2019 08:43
    Last Modified: 10 Apr 2019 08:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43652

    Actions (login required)

    View Item