Analisis Sosiologi Sastra dan Nilai Budi Pekerti pada Antologi Cerpen Indonesia-Malaysia serta Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA

Rohmah, Halimah Nur (2019) Analisis Sosiologi Sastra dan Nilai Budi Pekerti pada Antologi Cerpen Indonesia-Malaysia serta Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (145Kb)

    Abstract

    Halimah Nur Rohmah. K1213027. 2018. Analisis Sosiologi Sastra dan Nilai Budi Pekerti pada Antologi Cerpen Indonesia-Malaysia serta Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA. SKRIPSI. Pembimbing I: Dra. Ani Rakhmawati, M. A, Ph.D Pembimbing II: Dr. Budhi Setiawan, M. Pd.. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) latar sosial pengarang Antologi Cerpen Indonesia-Malaysia (selanjutnya disebut ACIM), (2) gambaran atau cerminan masyarakat dalam ACIM (3) tanggapan pembaca terhadap ACIM (4) penumbuhan budi pekerti dalam Antologi ACIM berdasarkan Permendikbud No.23 tahun 2015 (5) relevansi ACIM sebagai bahan ajar sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) latar sosial pengarang yang paling dominan mempengaruhi terciptanya karya sastra yakni latar belakang pendidikan dan profesi pengarang. (2) Gambaran masyarakat yang tercermin dalam ACIM diantaranya: pengekerdilan dalam hidup, masalah toleransi, keraguan membela tanah air, pencampakan bahasa bangsa, permasalahan budaya, dan fenomena ernikahan dini. Masalah-masalah sosial yang menjadi sorotan utama pada cerita dalam ACIM adalah tentang masalah moral dan nasionalisme yang menjadi cerminan masyarakat yang masih relevan hingga saat ini. (3) tanggapan pembaca ACIM menyatakan bahwa antologi ini menarik dari segi bahasa, tema, dan latar belakang terbentuknya antologi dua negara. (4) nilai budi pekerti yang terdapat dalam ACIM meliputi; Religius, tanggungjawab, Kerja Keras, respek, santun, ekologis, nasionalis, dan berorientasi tindakan. (5) ACIM dapat dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) cerpen, antologi ini juga dapat digunakan sebagai materi pembelajaran sastra ditinjau dari aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Kata Kunci: Sosiologi Sastra, penumbuhan budi pekerti, pembelajaran sastra, Antologi Cerpen Indonesia-Malaysia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 10 Apr 2019 08:32
    Last Modified: 10 Apr 2019 08:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43650

    Actions (login required)

    View Item