EUFEMISME DALAM SURAT KABAR SOLOPOS DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

PUSPITASARI, FIFIT (2019) EUFEMISME DALAM SURAT KABAR SOLOPOS DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan : (1) bentuk pemakaian eufemisme dalam surat kabar harian Solopos edisi April 2018, (2) Fungsi pemakaian eufemisme dalam berita surat kabar harian Solopos edisi April 2018, (3) relevansinya terhadap materi pembelajaran teks anekdot di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data berasal dari teks berita pada berita di surat kabar Solopos. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling dan menggunakan teknik analisis mengalir atau flow model of analyse dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini adalah (1) Ditemukan 8 macam bentuk eufemisme yakni, eufemisme berupa kata serapan, eufemisme berupa istilah asing, eufemisme berupa metafora, eufemisme berupa ekspresi figuratif, eufemisme berupa akronim, eufemisme berupa singkatan, eufemisme berupa satu kata untuk kata yang lain, dan eufemisme berupa parafrase; (2) Fungsi pemakaian eufemisme pada surat kabar harian Solopos bulan April 2018 adalah untuk kesopanan, menyamarkan makna, tidak menyinggung atau menimbulkan konflik, mengurangi rasa malu, menyebutkan gelar pendidikan, menyebutkan istilah keagamaan, dan untuk merahasiakan sesuatu; (3) Eufemisme yang terdapat dalam surat kabar Solopos relevan untuk dijadikan sumber bahan belajar dalam materi pembelajaran teks anekdot di sekolah karena memenuhi kriteria sebagai berikut : (1) Materi atau bahan ajar relevan dengan tujuan instruksional yang harus dicapai yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik; (2) Materi atau bahan ajar eufemisme yang berasal dari surat kabar dapat disesuaikan taraf kesulitannya dengan kemampuan siswa untuk menerima dan mengolah bahan atau materi ajar tersebut; (3) Materi ajar eufemisme dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menunjang motivasi siswa untuk bisa lebih selektif dan santun menggunakan kosakata dalam berinteraksi dengan sesama; (4) Materi atau bahan ajar mengenai eufemisme dapat membantu siswa untuk melibatkan diri secara aktif, baik dengan berpikir sendiri maupun dengan melakukan berbagai kegiatan, karena siswa akan diminta untuk lebih jeli mencari eufemisme yang ada dalam surat kabar kemudian memaknainya dan merujuk pada sumber lain seperti kamus dan lainnya; (5) Materi atau bahan pelajaran sesuai dengan prosedur didaktis yang digunakan oleh guru; (6) Materi atau bahan pelajaran sesuai dengan media pelajaran yang tersedia, materi pelajaran yang berasal dari surat kabar dapat dijangkau oleh khalayak umum. Kata kunci: Eufemisme, bentuk eufemisme, fungsi eufemisme, teks anekdot, materi ajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 10 Apr 2019 08:24
    Last Modified: 10 Apr 2019 08:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43648

    Actions (login required)

    View Item