EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DITINJAU DARI TINGKAT ATENSI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS SMK NEGERI 3 SURAKARTA

A, YOPE BINTANG (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DITINJAU DARI TINGKAT ATENSI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS SMK NEGERI 3 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (18Kb)

    Abstract

    Yope Bintang Anugerah. K3514051. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Ditinjau dari Tingkat Atensi dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis SMK Negeri 3 Surakarta. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2018. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya perbedaan tingkat atensi peserta didik antara menggunakan aplikasi Kahoot dan tanpa menggunakan media pembelajaran dalam mata pelajaran Dasar Desain Grafis, (2) mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Kahoot dalam mata pelajaran Dasar Desain Grafis dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran ditinjau dari prestasi belajar peserta didik, (3) mengetahui kecenderungan tingkat atensi peserta didik antara menggunakan aplikasi Kahoot dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran dalam mata pelajaran Dasar Desain Grafis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas Multimedia SMK Negeri 3 Surakarta. Sampel yang digunakan adalah kelas X MM 1, X MM 2, dan XI MM 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design, dengan desain eksperimen pretest-posttest control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan tes untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan, serta angket untuk mengetahui tingkat atensi peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan, selain itu dilakukan observasi dan wawancara sebagai data pendukung. Data penelitian menggunakan instrumen tes dan angket yang dibagikan ke kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing terdiri atas 36 peserta didik. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent t test untuk melihat adanya perbedaan tingkat atensi antara peserta didik yang mengikuti proses belajar dengan menerapkan aplikasi Kahoot dan yang mengikuti proses belajar tanpa media pembelajaran. Kemudian dilakukan uji Gain Ternormalisasi untuk melihat efektivitas penggunaan aplikasi Kahoot dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hasilnya: 1) terdapat perbedaan tingkat atensi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil uji t Thitung > Ttabel 6,699 > 2,6479(70). 2) penggunaan aplikasi Kahoot efektif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dibuktikan dengan hasil uji t Thitung > Ttabel 9,494 > 2,6479(70), dan uji gain kelas eksperimen yang memiliki kriteria sedang yaitu 0,60 dibanding kelas kontrol yang memiliki kriteria rendah yaitu 0,03. Kata Kunci: Kahoot, prestasi belajar, tingkat atensi, desain grafis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 10 Apr 2019 07:54
    Last Modified: 10 Apr 2019 07:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43641

    Actions (login required)

    View Item