Hubungan Antara Intensitas Komunikasi Keluarga dan Minat Belajar dengan Pemilihan Program Studi Di Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMA Batik 2 Surakarta

ISTIKOMAH, YENI (2019) Hubungan Antara Intensitas Komunikasi Keluarga dan Minat Belajar dengan Pemilihan Program Studi Di Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMA Batik 2 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    Yeni Istikomah. K8414058. Hubungan Antara Intensitas Komunikasi Keluarga Dan Minat Belajar Dengan Pemilihan Program Studi Di Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMA Batik 2 Surakarta. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan antara (1) Untuk mengetahui hubungan antara intensitas komunikasi keluarga dengan pemilihan program studi di perguruan tinggi siswa SMA Batik 2 Surakarta; (2) Untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan pemilihan program studi di perguruan tinggi siswa SMA Batik 2 Surakarta; dan (3) Untuk mengetahui hubungan antara intensitas komunikasi keluarga dan minat belajar dengan pemilihan program studi di perguruan tinggi siswa SMA Batik 2 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMA Batik 2 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas XII IPS 4 dan XII IPS 2 dengan teknik pengambiilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode teknik angket sebagai data primer serta dokumentasi dan wawancara sebagai data sekunder untuk mendukung penelitian. Analisis data menggunakan uji korelasi dan uji analisis regresi berganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, ada hubungan positif dan signifikan antara variabel intensitas komunikasi keluarga (X1) dengan pemilihan program studi (X2) di perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Batik 2 Surakarta, hasil uji analisis korelasi, dimana nilai r Pearson sebesar 0,271 dengan signifikansi 0,018. Kemudian, berdasarkan hasil uji analisis regresi berganda, diperoleh persamaan regresi : Y=17,682+0,077X1. Kedua, minat belajar dengan pemilihan program studi di perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Batik 2 Surakarta memiliki hubungan yang positif dan signifikan, dengan hasil uji analisis korelasi yang diperoleh r Pearson sebesar 0,527 dengan signifikansi 0,000. Kemudian, hasil uji analisis relasi berganda diperoleh persamaan regresi : Y=17,682+0,377X2. Ketiga, Berdasarkan hasil uji analisis korelasi diperoleh F sebesar 11,620 dan nilai signifikansi 0,00 maka, hubungan intensitas komunikasi keluarga dan minat belajar dengan pemilihan program studi pada siswa SMA Batik 2 Surakarta memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Kemudian, hasil uji analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi : Y=17,682+0,077X1+0,377X2. Kata kunci : Intensitas komunikasi keluarga, minat belajar, pemilihan program

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 10 Apr 2019 07:52
    Last Modified: 10 Apr 2019 07:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43640

    Actions (login required)

    View Item