PERSEPSI PEGAWAI PENGELOLA ANGGARAN TENTANG PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI

SISTIYAN, MILA PURANI (2019) PERSEPSI PEGAWAI PENGELOLA ANGGARAN TENTANG PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KOMITMEN ORGANISASI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (210Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mempunyai tujuan agar memperoleh bukti empiris terkait dengan pengaruh partisipasi anggaran, komitmen organisasi, dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai yang dipersepsikan oleh pegawai pengelola anggaran. Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner yang dibagikan kepada pegawai satuan kerja yang terlibat langsung dalam penyusunan anggaran di wilayah kerja KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Surakarta yang meliputi wilayah Surakarta, Sukoharjo, dan Wonogiri. Penelitian ini melibatkan 80 satuan kerja baik yang di bawah kementerian ataupun lembaga. Kuesioner yang dapat dianalisis sebanyak 116 dari 165 kuesioner yang dibagikan. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi partisipasi anggaran, komitmen organisasi, dan gaya kepemimpinan. Variabel dependen yaitu kinerja pegawai. Uji asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan regresi berganda dengan SPSS. Hasil pengujian yang dilakukan sebagai berikut: 1) partisipasi anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai yang dipeersepsikan oleh pegawai pengelola anggaran, 2) komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai yang dipersepsikan oleh pegawai pengelola anggaran, 3a) gaya kepemimpinan otoriter tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai yang dipersepsikan oleh pegawai pengelola anggaran, 3b) gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai yang dipersepsikan oleh pegawai pengelola anggaran, 3c) gaya kepemimpinan laissez-faire (bebas) tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai yang dipersepsikan oleh pegawai pengelola anggaran.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 10 Apr 2019 06:59
    Last Modified: 10 Apr 2019 06:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43619

    Actions (login required)

    View Item