Eksperimentasi Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Yusman, Meritania (2019) Eksperimentasi Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Meritania Yusman. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY) MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X MIPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak: 1) Perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran SAVI melalui metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa; 2) Perbedaan pengaruh antara kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa; 3) Interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Jumlah anggota sampel kelas eksperimen adalah 34 siswa, sedangkan jumlah anggota sampel kelas control adalah 36 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran secara eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa. Nilai Fobservasi yaitu 0,086 < Ftabel dengan taraf signifikansi 0,05, yaitu 3,98; 2) Terdapat perbedaan pengaruh aspek kemampuan berpikir kritis siswa terhadap kemampuan kognitif siswa. Nilai Fobservasi yaitu 54,39 > Ftabel dengan taraf signifikansi 0,05, yaitu 3.98. Kemampuan kognitif siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; 3) Tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap kemampuan kognitif siswa. Nilai Fobservasi yaitu 0,7919 < Ftabel dengan taraf signifikansi 0,05, yaitu 3.98) Kata Kunci: SAVI, metode pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, kemampuan kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 10 Apr 2019 06:56
    Last Modified: 10 Apr 2019 06:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43618

    Actions (login required)

    View Item