penguatan ecological citizenship sebagai upaya mengubah perilaku masyarakat sadar akan lingkungan melalui program kampung selo beraksi (studi di desa pojok kecamatan tawangsari kabupaten sukoharjo)

FATMALASARI, HESTI (2019) penguatan ecological citizenship sebagai upaya mengubah perilaku masyarakat sadar akan lingkungan melalui program kampung selo beraksi (studi di desa pojok kecamatan tawangsari kabupaten sukoharjo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1120Kb)

    Abstract

    Hesti Fatmalasari. K6414028. PENGUATAN ECOLOGICAL CITIZENSHIP SEBAGAI UPAYA MENGUBAH PERILAKU MASYARAKAT SADAR AKAN LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM KAMPUNG SELO BERAKSI (Studi di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Desember 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penguatan ecological citizenship dalam mengubah perilaku masyarakat sadar akan lingkungan melalui program Kampung Selo Beraksi; (2) Hambatan yang dihadapi dalam mewujudkan program Kampung Selo Beraksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi data dan metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahapan penelitian meliputi: (1) Persiapan; (2) Pengumpulan data; (3) Analisis data; (4) Penyusunan laporan penelitian. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Penguatan ecological citizenship diperlukan untuk menggugah kepedulian lingkungan masyarakat melalui kegiatan berwawasan lingkungan yaitu program Kampung Selo Beraksi. Kegiatan berwawasan dalam program Kampung Selo Beraksi diantaranya bank sampah, taman hidroponik, vertical garden, galeri kerajinan, dan outbound. Penguatan ecological citizenship dalam program Kampung Selo Beraksi merupakan pendekatan dari bawah (bottom up) yang diwujudkan melalui pembentukan environmental knowledge, environmental skills, environmental attitudes, environmental participation. (2) Hambatan yang dihadapi dalam mewujudkan program Kampung Selo Beraksi berasal dari internal dan eksternal. Hambatan program Kampung Selo Beraksi yang berasal dari internal meliputi: a) keterbatasan sumber daya manusia karena kurangnya keaktifan serta partisipasi anggota paguyuban Kampung Selo; b) keterbatasan sumber dana dalam pengembangan program Kampung Selo Beraksi. Hambatan program Kampung Selo Beraksi yang berasal dari eksternal meliputi: a) hambatan dari masyarakat yaitu adanya sikap kontra dari masyarakat dan kurangnya pastisipasi masyarakat; b) hambatan dari pemerintah yaitu kurangnya perhatian dan partisipasi pemerintah setempat; c) hambatan dari lingkungan yaitu letak Kampung Selo Beraksi yang jauh dari kota dan belum maksimalnya penataan kampung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 10 Apr 2019 06:49
    Last Modified: 10 Apr 2019 06:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43615

    Actions (login required)

    View Item