HUBUNGAN MINAT EKSTRAKURIKULER DAN PERAN ORANG TUA DENGAN TINGKAT DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO (DILIHAT DARI PERSPEKTIF SISWA)

E, FEMMY SATRIANI (2019) HUBUNGAN MINAT EKSTRAKURIKULER DAN PERAN ORANG TUA DENGAN TINGKAT DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO (DILIHAT DARI PERSPEKTIF SISWA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Femmy Satriani Ekasiwi. K8414019. Hubungan Minat Ekstrakurikuler dan Peran Orang Tua dengan Tingkat Disiplin Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo (Dilihat Dari Perspektif Siswa). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) hubungan minat ekstrakurikuler dengan tingkat disiplin belajar siswa; (2) hubungan peran orang tua dengan tingkat disiplin belajar siswa; (3) hubungan minat ekstrakurikuler dan peran orang tua dengan tingkat disiplin belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sampel diambil dengan teknik random sampling tipe undian dengan pengembalian. Penelitian ini menggunakan studi korelasional. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk mendukung data, mengenai disiplin siswa juga didukung dengan data mengenai daftar siswa yang terlambat datang ke sekolah. Analisis data menggunakan teknik analisis product moment dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat ekstrakurikuler dengan tingkat disiplin belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo hal tersebut dapat dilihat dari nilai (rhitung > rtabel) 0,477 > 0,2876. Siswa yang memiliki minat terhadap kegiatan ekstrakurikuler memiliki tingkat disiplin yang tinggi ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dengan tingkat disiplin belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo hal tersebut dapat dilihat dari nilai r hitung sebesar 0,638 dan r tabel sebesar 0,2876. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat ekstrakurikuler dan peran orang tua dengan tingkat disiplin belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo hal tersebut dapat dilihat dari nilai (rhitung > rtabel) r hitung sebesar 0,688 dan r tabel sebesar 0,2876. Kata Kunci : Minat Ekstrakurikuler, peran orang tua, disiplin belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 09 Apr 2019 22:57
    Last Modified: 09 Apr 2019 22:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43613

    Actions (login required)

    View Item