studi relevansi kurikulum kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMKN 5 Surakarta dengan kebutuhan dunia industri saat siswa melaksanakan prakerin

AKBAR, FARHANDIKA (2019) studi relevansi kurikulum kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMKN 5 Surakarta dengan kebutuhan dunia industri saat siswa melaksanakan prakerin. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2031Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kompetensi keahlian yang diajarkan di Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (KKTKR) SMKN 5 Surakarta; (2) Kompetensi keahlian yang didapat siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (KKTKR) SMKN 5 Surakarta sebelum pelaksanaan prakerin; (3) Kompetensi keahlian yang diperlukan dunia industri dari siswa pada saat melaksanakan prakerin; (4) Relevansi kurikulum kompetensi keahlian Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (KKTKR) SMKN 5 Surakarta dengan kebutuhan dunia industri dilihat dari pelaksanaan prakerin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian adalah guru produktif dan kepala bengkel atau industri dengan informasi didapat dengan wawancara dan analisis arsip. Proses penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu: pertama, melakukan observasi ke Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (KKTKR) SMKN 5 Surakarta untuk mengetahui kurikulum yang diajarkan, terutama kompetensi yang diajarkan sebelum siswa melaksanakan prakerin. Kompetensi tersebut kemudian didata dan disusun dalam bentuk angket sederhana. Tahap kedua adalah membawa daftar kompetensi yang diajarkan sebelum siswa prakerin ke pihak industri untuk melihat relevansinya dengan kebutuhan dunia industri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi yang diajarkan di dalam pembelajaran keahlian di KKTKR SMKN 5 Surakarta didasarkan pada kurikulum 13 revisi terbaru tahun 2017. Kompetensi yang didapat sebagai bekal siswa prakerin adalah kompetensi yang didapatkan dari mata pelajaran produktif semester 1 sampai 3. Kompetensi tersebut meliputi kompensi dari mata pelajaran produktif yang wajib diajarkan di kelas X, yaitu Gambar Teknik Otomotif, Teknologi Dasar Otomotif, dan Pekerjaan Dasar Otomotif. Ditambah kompetensi dari mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan, dan Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan yang diajarkan di kelas XI semester 3. Kompetensi yang dibutuhkan industri untuk dikuasai siswa prakerin diantaranya dasar-dasar otomotif, seperti alat-alat Teknik seperti hand tool dan alat ukur, pengetahuan umum kendaraan, keamanan dalam pekerjaan perbengkelan. Pihak industri juga mementingkan perilaku kerja siswa yang baik sebagai pendukung melaksanakan prakerin. Hasil penelitian dapat dilihat dari dua sisi. Secara dokumen kurikulum, tingkat relevansi tergolong tinggi karena persentasenya lebih dari 90%. Sedangkan pelaksanaannya, ada temuan dimana tingkat pemahaman siswa prakerin masih kurang termasuk pada kompetensi dasar otomotif yang seharusnya sudah siswa kuasai.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 09 Apr 2019 22:51
    Last Modified: 09 Apr 2019 22:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43611

    Actions (login required)

    View Item