Perilaku Membolos: Studi Kasus Pada 2 Peserta Didik SMK Harapan Kartasura

NUGRAHA, CAHYA ADI (2019) Perilaku Membolos: Studi Kasus Pada 2 Peserta Didik SMK Harapan Kartasura. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (302Kb)

    Abstract

    ABSTRAK CAHYA ADI NUGRAHA, 2018, K3114009, “PERILAKU MEMBOLOS SISWA: Studi Kasus Pada 2 Peserta Didik SMK Harapan Kartasura”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui wujud konkrit perilaku membolos, faktor–faktor penyebab yang melatarbelakangi siswa membolos, serta dampak pada aspek pribadi, sosial dan belajar yang ditimbulkan dari perilaku membolos. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan didapatkan dua subjek perilaku membolos dengan latar belakang yang berbeda. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Harapan Kartasura. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi serta pengamatan dokumen yang terkait dengan perilaku membolos. Dalam penelitian ini dilakukan pengkodean data serta triangulasi. Data yang telah didapatkan sudah melalui reduksi data lalu penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan jika bentuk perilaku membolos yang dilakukan yaitu tidak masuk sekolah tanpa izin serta meninggalkan sekolah ketika jam pembelajaran masih berlangsung. Faktor penyebab yang melatarbelakangi perilaku ini berasal dari faktor keluarga, lingkungan, teman sebaya dan diri sendiri. Faktor teman sebaya merupakan faktor yang paling besar pengaruhnya. Dampak yang terjadi pada aspek pribadi yaitu menjadikan siswa menjadi pribadi yang pemalas dan tidak bergairah mengikuti kegiatan belajar. Dampak yang terjadi pada aspek sosial yaitu siswa terjerumus dalam lingkungan pergaulan yang tidak baik. Sedangkan dampak belajar yang terjadi yaitu siswa memiliki prestasi dan pemahaman materi yang kurang baik. KATA KUNCI: Studi Kasus, Membolos ABSTRACT CAHYA ADI NUGRAHA, 2018, K3114009, "STUDENTS’ TRUANT BEHAVIOUR: A Case Study of 2 Students of SMK Harapan Kartasura". Thesis.Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University Surakarta.2018. The purpose of this study is to determine the concrete form and the underlying factors of students’ truancy and its impact to personal, social and learning aspects. This research was a qualitative study with a case study method. The results of the preliminary study conducted found two subjects of truant behavior with different backgrounds.This research was taken place at the SMK (Vocational High School) Harapan Kartasura. The researcher collected data through interviews, observations and observations of documents related to truant behavior. In this study, data coding and triangulation were carried out. The obtained data were through data reduction, data presentation and conclusion. The results of the study show the form of truant behavior is done, namely not attending the school without permission and leaving the school when the learning hours are still ongoing. The underlying factors behind this behavior come from family, environmental, peers and personal factors.Peer factors are the most influential factors. The impact of personal aspects is to make students lazy and not passionate following learning activities. The impact of social aspects is that students fall into a bad social environment. Meanwhile the impact of learning that occurs is that students have poor achievement and understanding of the material. KEYWORD: Case Study, Truancy

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 09 Apr 2019 22:29
    Last Modified: 09 Apr 2019 22:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43605

    Actions (login required)

    View Item