Pengembangan Modul Biologi Berbasis Model Stimulating Higher Order Thinking Skill (Stim-HOTs) untuk Memberdayakan Keterampilan Kognitif Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Metabolisme Sel Kelas XII IPA.

PRAMESTI, BETTY NOVIA (2019) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Model Stimulating Higher Order Thinking Skill (Stim-HOTs) untuk Memberdayakan Keterampilan Kognitif Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Metabolisme Sel Kelas XII IPA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (16Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis karakteristik modul berbasis model Stimulating Higher Order Thinking Skill (Stim-HOTs) untuk memberdayakan keterampilan kognitif tingkat tinggi siswa; 2) menguji kelayakan modul berbasis model Stimulating Higher Order Thinking Skill (Stim-HOTs) untuk memberdayakan keterampilan kognitif tingkat tinggi siswa dan 3) menguji keefektifan modul berbasis model Stimulating Higher Order Thinking Skill (Stim-HOTs) untuk memberdayakan keterampilan kognitif tingkat tinggi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan populasi seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 5 Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Data proses kognitif diperoleh dengan menggunakan tes soal pretes-posttes yang terdiri atas soal pilihan ganda dan essay yang meliputi tiga proses kognitif tingkat tinggi yaitu: C4, C5 dan C6 dengan empat dimensi pengetahuan yaitu faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif. Data yang diperoleh dihitung N-Gain-nya, kemudian dianalisis dengan uji statistik parametrik t test dengan bantuan SPSS ibm 21 dan dihitung nilai Effect Size-nya(ES) untuk mengetahui besarnya besarnya pengaruh modul berbasis model yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis model Stim-HOTs berpengaruh dalam pemberdayaan keterampilan kognitif tingkat tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini antara lain:1) modul berbasis model Stim-HOTs yang kembangkan memuat sintaks model Stim-HOTs untuk menstimulasi keterampilan kognitif tingkat tinggi siswa; 2) modul berbasis model Stim-HOTs layak digunakan untuk memberdayakan keterampilan kognitif tingkat tinggi siswa; 3) modul berbasis model Stim-HOTs efektif untuk memberdayakan keterampilan kognitif tingkat tinggi siswa dengan kontribusi sebesar 60,60%. Kata kunci: modul berbasis model Stim-HOTs, keterampilan kognitif tingkat tinggi, metabolisme sel

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 09 Apr 2019 22:26
    Last Modified: 09 Apr 2019 22:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43604

    Actions (login required)

    View Item