HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI DAN IKLIM KERJA DENGAN KINERJA GURU EKONOMI SMA SE-KABUPATEN KARANGANYAR

DHARYADI SIWI, MARHENI (2019) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI DAN IKLIM KERJA DENGAN KINERJA GURU EKONOMI SMA SE-KABUPATEN KARANGANYAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (101Kb)

    Abstract

    Marheni Dharyadi Siwi. 2019. Hubungan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi dan Iklim Kerja dengan Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kabupaten Karanganyar. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Siswandari,M.Stats. Ko Pembimbing: Prof. Drs. Gunarhadi, M.A., Ph.D. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hubungan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru ekonomi SMA se-Kabupaten Karanganyar, 2) mengetahui hubungan antara persepsi guru tentang motivasi dengan kinerja guru ekonomi SMA se-Kabupaten Karanganyar, 3) mengetahui hubungan antara persepsi guru tentang iklim kerja dengan kinerja guru ekonomi SMA se-Kabupaten Karanganyar, 4) mengetahui hubungan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi dan iklim kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru ekonomi SMA se-Kabupaten Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA di Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 38 dan sekaligus dijadikan sampel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepemimpinan berhubungan positif dan signifikan terhadap kinerja guru ekonomi dengan koefisien 0,322 dan nilai t hitung 2,172 dengan tingkat signifikansi 0,037. Hal ini berarti bahwa semakin baik peran pimpinan maka kinerja guru ekonomi semakin baik. Motivasi berhubungan positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,403 sedangkan nilai t hitung 2,347 dengan tingkat signifikansi 0,025. Hal ini berarti bahwa semakin baik motivasi kerja guru maka kinerja guru akan semakin baik. Iklim kerja berhubungan positif dan signifikan terhadap kinerja guru ekonomi dengan koefisien 0,452 dan nilai t hitung 2,271 serta tingkat signifikansi 0,030. Hal ini berarti semakin baik iklim kerja di sekolah maka kinerja guru ekonomi akan semakin baik. Sedangkan secara simultan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi dan iklim kerja bersama sama berpengaruh pada kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung sebesar 10,455 yang lebih besar dari Ftabel 3,27 dan R2 = 0,480. Variasi yang terjadi pada kinerja guru ekonomi sebesar 48% dapat dijelaskan oleh peran variabel kepemimpinan kepala sekolah, motivasi dan iklim kerja, sedangkan sisanya 52% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Model hubungan dari keempat variabel penelitian ini adalah Y = 2,295 + 0,322X1 + 0,403X2 + 0,452X3 Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, Iklim Kerja, Kinerja.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 17:57
    Last Modified: 09 Apr 2019 17:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43600

    Actions (login required)

    View Item