PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS FOLKLORE LISAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN BUDAYA SISWA SMP

ULFA MARETA, VIDIA (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS FOLKLORE LISAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN BUDAYA SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Vidia Ulfa Mareta. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS FOLKLORE LISAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN BUDAYA SISWA SMP. Tesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bahan ajar IPS berbasis folklore lisan yang digunakan di SMP. (2) untuk mengetahui kelayakan bahan ajar IPS berbasis folklore Lisan untuk Siswa SMP. (3) untuk mengetahui Sejauh mana efektivitas bahan ajar IPS berbassis folklore lisan Dapat meningkatkan kecerdasan budaya siswa SMP. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (RnD). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga yaitu, Tahap Studi Pendahuluan, Tahap Pengembangan,dan Tahap Uji Coba dan Efektivitas. Tahap pengembangan menggunakan ADDIE, yang terdiri atas Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 7 di SMP N 8 Surakarta dan SMP N 20 Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan: 1) siswa dan guru memerlukan bahan ajar yang dapat mengintegrasikan nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat yaitu bahan ajar IPS berbasis folklore Lisan. (2) uji kelayakan produk bahan ajar IPS dilakukan oleh ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa. Rata-rata penilaian menunjukkan ketegori hasil layak digunakan setelah revisi. (3) efektivitas produk dilakukan di dua kelompok yang berbeda perlakuakn. Kelompok eksperimen kelompok yang menggukana produk bahan ajar memperoleh perbedaan rerata antara pretes dan postes sebesar 3.153. Kelompok kontrol mempunyai perbedaan rerata antara pretes dan postes sebesar 1.532. Hasil uji paired T tes menunjukkan signifikansi kelompok kontrol sebesar 0.89 > 0.05 dan signifikansi kelompok eksperimen sebesar 0.000 < 0.05. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Bahan ajar IPS berbasis folklore lisan efektif untuk meningkatkan kecerdasan budaya. Kata kunci: bahan ajar, IPS, Folklore Lisan, Kecerdasan budaya

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 17:30
    Last Modified: 09 Apr 2019 17:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43596

    Actions (login required)

    View Item