Pengembangan Video Animasi Motion Graphic untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri Mulur 03 Bendosari

WAHYU PRICAHYO, EKO (2019) Pengembangan Video Animasi Motion Graphic untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri Mulur 03 Bendosari. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (184Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media video animasi motion graphic pada mata pelajaran IPA, mengetahui kelayakan media yang dikembangkan, mengetahui seperti apa produk final media yang dikembangkan dan mengetahui efektifitas media video animasi motion graphic yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Prosedur pengembangan media video pembelajaran ini menggunakan pengembangan media ASSURE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media video animasi motion graphic berdasarkan penilaian kedua ahli baik ahli materi dan ahli media sebesar 82,47. Keseluruhan skor berdasarkan uji coba satu-satu, uji coba terbatas/kelompok kecil, dan uji coba luas/lapangan adalah sebesar 4,26 dengan kategori sangat baik. Media yang dikembangkan berupa cd interaktif yang memuat media video yang berisi materi cahaya beserta sifat-sifat cahaya. Video tersebut dibagi menjadi 2 bagian, yaitu 1) video pertama yang berisi definisi cahaya dan sifat-sifatnya; 2) pemanfaatan sifat cahaya yang dibuktikan dalam model karya sederhana. Setelah itu diberikan sebuah soal latihan yang telah menjadi satu paket dalam compact disc interaktif ini. Hasil uji keefektifan media video animasi motion graphic pada siswa kelas V menunjukkan: 1) terdapat perbedaan nilai prestasi belajar yang signifikan antara kelas kotrol dan kelas eksperimen dengan nilai p value, yaitu 0,002 < 0,005,; dan 2) pembelajaran IPA dengan media video animasi motion graphic terbukti efektif dengan peningkatan nilai prestasi belajar kelompok eksperimen yang lebih tinggi sebesar 21,11 dibandingkan kelompok control yang memiliki skor peningkatan hasil belajar sebesar 17,40. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) media yang dikembangkan berupa media video animasi motion graphic yang dimasukkan dalam paket cd interaktif dengan materi sifat-sifat cahaya dan kegunaannya, 2) hasil uji coba media diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,26 dengan kategori sangat baik, 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, 4) peningkatan skor prestasi belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media video animasi motion graphic dalam pembelajaran IPA lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, dibandingkan pembelajaran IPA tanpa memanfaatkan media animasi motion graphic.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 17:26
    Last Modified: 09 Apr 2019 17:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43595

    Actions (login required)

    View Item