PENGEMBANGAN SILABUS PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

PURWANTI, DWI (2019) PENGEMBANGAN SILABUS PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (194Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui kebutuhan akan pengembangan syllabus berbasis lingkungan di sekolah dasar, (2) mengembangkan perangkat pembelajaran khususnya silabus berbasis lingkungan serta mengetahui tingkat kelayakannya, dan (3) mengukur keefektifan silabus pembelajaran berbasis lingkungan yang telah dikembangkan dalam meningkatkan sikap kepedulian lingkungan alam siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D). Prosedur pengembangan silabus dengan menggunakan desain pengembangan model ADDIE (analisis, design, developement, implementation, evaluation). Pada tahap Analisis peneliti melakuakn Studi awal, wawancara, observasi dan triangulasi data. Tahap Desain digunakan untuk merancang draf awal (prototype) yang diawali dengan pengumpulan KD dari berbagai muatan pembelajaran. Tahap pengembangan meliputi validasi para ahli kurikulum dan materi atau bahasa serta pengujian kelayakan silabus dengan berbagai pengujian Tahap evaluasi dilakukan dengan menguji keefektifan silabus pembelajaran berbasis lingkungan dalam meningkatkan sikap kepedulian lingkungan alam pada tema 8 “Daerah tempat tinggalku “ di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan silabus pembelajaran berbasis lingkungan sangat baik berdasarkan penilaian para ahli. Moyoritas ahli kurikulum menyatakan category baik (74,7%) sedangkan penilaian ahli materi juga menyatakan kategori baik (70,4 %). Silabus pembelajaran berbasis lingkungan yang dikembangkan terdiri dari 3 bagian yaitu 1) pendahuluan yang meliputi perihal tentang silabus , Kompetensi Dasar, Materi pokok kelas IV, Mekanisme dan langkah pengembangan silabus .2) Isi yang meliputi penjabaran dari silabus berbasis lingkungan dengan mengikuti sub tema – sub tema dalam tema 8 “ Daerah Tempat Tinggalku “.3) Penutup atau Lampiran yang berisi kata kerja operasional dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP ). Hasil uji keefektifan silabus pembelajaran berbasis lingkungan pada tema 8 menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji coba silabus menggunakan uji t sample bebas diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 51,20, yang mana lebih unggul daripada kelas kontrol (43.20) dengan nilai signifikasni (2-tailed) 0,024. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan silabus yang dimodifikasi dengan berbasis lingkungan lebih efektif meningkatkan hasil belajar serta meningkatkan sikap kepedulian lingkungan dibanding silabus yang disediakan pemerintah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 17:20
    Last Modified: 09 Apr 2019 17:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43594

    Actions (login required)

    View Item