Penerapan Kegiatan Montase Dengan Teknik Tempel Manual Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Baitussalam Gadingan Tahun Ajaran 2018/29

RIZKA AYU H, PRADHITA (2019) Penerapan Kegiatan Montase Dengan Teknik Tempel Manual Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Baitussalam Gadingan Tahun Ajaran 2018/29. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pradhita Rizka Ayu Harini. K8114051. PENERAPAN KEGIATAN MONTASE DENGAN TEKNIK TEMPEL MANUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BAITUSSALAM GADINGAN TAHUN AJARAN 2018/2019. SkrIpsi, Surkarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di RA Baitussalam Gadingan melalui penerapan kegiatan montase dengan teknik tempel manual. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 3 tahap yaitu mennggunting sesuai dengan pola, menempel gambar dengan tepat, dan melakukan eksplorasi melalui berbagai media dan kegiatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B1 RA Baitussalam Gadingan tahun ajaran 2018/2019. Jumlah anak di kelas B1 RA Baitussalam Gadingan adalah 23 anak, 9 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumenasi, dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan motorik halus anak melalui penerapan kegiatan montase dengan teknik tempel manual, yaitu presentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 34,79% , peningkatan kemampuan motorik halus siklus I sebesar 60,81% , dan peningkatan kemampuan motorik halus siklus II sebesar 82,6%. Indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan motorik halus pada anak antara lain menggunting sesuai dengan pola, menempel gambar dengan tepat, dan melakukan kegiatan eksplorasi melalui berbagai media dan kegiatan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah melalui kegiatan montase dengan teknik tempel manual dapat meningkatkan kemampaun motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di RA Baitussalam Gadingan tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: kegiatan montase dengan teknik tempel manual, motorik halus, anak usia 5-6 tahun.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 17:04
    Last Modified: 09 Apr 2019 17:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43591

    Actions (login required)

    View Item