PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PAP) BERBANTUAN MODUL KOMIK PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA KAS KECIL KELAS XI AP 2 SMK KRISTEN 1 SURAKARTA

YASNI, ELFRI (2019) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (PAP) BERBANTUAN MODUL KOMIK PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA KAS KECIL KELAS XI AP 2 SMK KRISTEN 1 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar mengelola kas kecil melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media pembelajaran modul komik. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Kristen 1 Surakarta yang berjumlah 18 siswa. Sumber data berasal dari informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan model interaktif untuk data kualitatif. Indikator kinerja peneliian untuk motivasi belajar ditetapkan sebesar 69%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media pembelajaran modul komik dapat meningkatkan motivasi belajar mengelola kas kecil. Peningkatan motivasi belajar ditunjukkan dari persentase rata-rata indikator motivasi belajar pada siklus I dari hasil angket 73,32% dan observasi sebesar 71,94% , sedangkan pada siklus II dari hasil angket sebesar 85,16% dan observasi sebesar 84,45%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Administrasi Perkantoran
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 17:00
    Last Modified: 09 Apr 2019 17:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43590

    Actions (login required)

    View Item