Pengaruh Minat Membaca dan Kreativitas Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS

Apriliasari, Vika (2019) Pengaruh Minat Membaca dan Kreativitas Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi Keuangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    Vika Apriliasari. PENGARUH MINAT MEMBACA DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI KEUANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh yang positif dan signifikan antara minat membaca terhadap pemahaman akuntansi keuangan mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS; (2) pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar terhadap pemahaman akuntansi keuangan mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS; (3) pengaruh yang positif dan signifikan antara minat membaca dan kreativitas belajar terhadap pemahaman akuntansi keuangan mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS angkatan 2014, 2015, 2016 dan 2017 yaitu sebanyak 256 mahasiswa. Sampel yang terpilih dengan teknik pengambilan sampel proportional stratified random sampling yaitu sebanyak 156 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 0,05 data yang diolah dengan bantuan program pengolahan data Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat membaca terhadap pemahaman akuntansi keuangan mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,001 (p < 0,05); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas belajar terhadap pemahaman akuntansi keuangan mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000 (p < 0,05); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat membaca dan kreativitas belajar terhadap pemahaman akuntansi keuangan mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji F 0,000 (p < 0,05) Kata Kunci : Minat membaca, kreativitas belajar, pemahaman akuntansi keuangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 16:55
    Last Modified: 09 Apr 2019 16:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43589

    Actions (login required)

    View Item