Pengaruh Penerapan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi

Anita Rahmawati, Esthi (2019) Pengaruh Penerapan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (5Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan kombinasi model Problem Based Learning dan Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII program keahlian Akuntansi. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2 dengan teknik pengambilan sampel Cluster Sampling (Area Sampling). Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji prasyarat analisis dan uji hipotesis). Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan perolehan nilai uji t = 16,333 (p = 0,000). Kata Kunci : Problem Based Learning, Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 16:51
    Last Modified: 09 Apr 2019 16:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43588

    Actions (login required)

    View Item