ANALISIS PENCAPAIAN KETERAMPILAN ABAD 21 MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CONTRUCTIVIST DENGAN TEKNOLOGI KENDARAAN TANPA PENGEMUDI (DRIVERLESS VEHICLE) BERBASIS ARDUINO

ACHZAB, AZINUDIN (2019) ANALISIS PENCAPAIAN KETERAMPILAN ABAD 21 MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CONTRUCTIVIST DENGAN TEKNOLOGI KENDARAAN TANPA PENGEMUDI (DRIVERLESS VEHICLE) BERBASIS ARDUINO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (65Kb)

    Abstract

    Azinudin Achzab. ANALISIS PENCAPAIAN KETERAMPILAN ABAD 21 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI ROBOT KENDARAAN BERBASIS ARDUINO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember, 2018. Kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, dengan penyampaian informasi secara lisan melalui ceramah, menyebabkan siswa menjadi pasif. Pendekatan tersebut tidak dapat menjawab tantangan era ekonomi global (diantaranya era komunikasi terbuka dan ketatnya kompetisi) dalam proses edukasi dan kurang melengkapi siswa dengan keterampilan abad 21 yang dibutuhkan. Robot di bidang pendidikan telah muncul sebagai salah satu agen kegiatan pembelajaran yang menawarkan manfaat baru bagi pendidikan di semua tingkat khususnya pada pendidikan vokasional dimana peserta didik disiapkan untuk memiliki keterampilan abad 21 saat memasuki dunia kerja. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dengan populasi mahasiswa yang memiliki ketertarikan pada kendaraan tanpa awak (driverless vehicle), dengan menggunakan case study model jenis dan jumlah populasi dibatasi dengan ketat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran atau mixed-method dengan strategi rancangan konvergen sehingga data yang dikumpulkan dan dianalisa oleh peneliti adalah data campuran atau data kuantitatif dan data kualitatif namun analisa dilakukan terpisah, metode ini dipilih untuk memperkuat hasil penelitian terhadap rumusan masalah. Hasil analisa meneliti 4 aspek keterampilan abad 21 yang menjadi batasan penelitian atau biasa disebut Four 4C’s, data kualitatif pada aspek kreativitas dan komunikasi dan analisa data kuantitatif pada aspek critical thinking dan kolaborasi menunjukan bahwa seluruh partisipan penelitian terbantu dalam mencapai keterampilan abad 21 dengan pembelajaran constructivist dengan mobil tanpa awak (driverless vehicle) berbasis arduino. Kata kunci: Four 4C’s, driverless vehicle, konstruktivisme

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 16:38
    Last Modified: 09 Apr 2019 16:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43585

    Actions (login required)

    View Item