PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018.

PRABARAITA N., RETI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (384Kb)

    Abstract

    =ABSTRAK Reti Prabaraita Nurisah. K3314045. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Desember 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) kemampuan analisis kemampuan analisis siswa pada materi konsep mol kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan (2) prestasi belajar siswa pada materi konsep mol kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa kemampuan analisis dan prestasi belajar (aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan). Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes, selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi konsep mol kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018 dengan persentase capaian kemampuan analisis siswa meningkat dari 0% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II dan telah mencapai target yaitu 60% dan (2) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS dapat meningkatkan prestasi belajar kimia siswa pada materi konsep mol kelas X SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Prestasi belajar aspek pengetahuan meningkat dari 7% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II dan telah mencapai target yaitu 60%. Prestasi belajar aspek sikap pada siklus I sudah mencapai target sebesar 100% sehingga tidak dilanjutkan pada siklus II, sedangkan prestasi belajar aspek keterampilan pada siklus I sudah mencapai target pula yaitu 100% sehingga tidak dilanjutkan pada siklus II, dimana prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan memiliki target capaian sebesar 70%. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Discovery Learning, Kemampuan Analisis, Prestasi Belajar, Konsep Mol.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 16:33
    Last Modified: 09 Apr 2019 16:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43584

    Actions (login required)

    View Item