Upaya Peningkatan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

NOMILASARI, GUGUH (2019) Upaya Peningkatan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (382Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Guguh Nomilasari. K3314024. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 SURAKARTA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan analisis siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, (2) prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini, subjek penelitian adalah 34 siswa kelas XI MIPA 4. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Pada prasiklus penelitian diketahui persentase kemampuan analisis siswa dengan kategori tinggi sebesar 47,06%. Pada siklus I meningkat menjadi 67,65% dan pada siklus II siswa dengan kategori kemampuan analisis tinggi mencapai 85,29%. (2) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hasil penilaian pada aspek pengetahuan siklus I mencapai persentase ketercapaian sebesar 70,59% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,24%. Pada aspek sikap, siswa dengan kategori sikap baik dan sangat baik mencapai persentase 61,76% dan 38,24% pada siklus I, sedangkan siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa dengan kategori sikap baik dan sangat baik mencapai persentase 26,47% dan 73,53%. Pada aspek keterampilan persentase ketercapaian target telah memenuhi target pada siklus I yaitu sebesar 82,35%. Kata Kunci: Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Kemampuan Analisis, Penelitian Tindakan Kelas, Prestasi Belajar, Problem Based Learning (PBL)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 09 Apr 2019 16:28
    Last Modified: 09 Apr 2019 16:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43583

    Actions (login required)

    View Item