KAJIAN PENERAPAN KONSEP GREEN HOME PADA KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL/BANGUNAN (STUDI KASUS JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Ariesati, Anggita (2019) KAJIAN PENERAPAN KONSEP GREEN HOME PADA KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL/BANGUNAN (STUDI KASUS JAWA TENGAH DAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (85Kb)

    Abstract

    Penelitian ini termasuk ke dalam metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Proses pengambilan dan pengolahan data dilaksanakan pada bulan Februari-Oktober 2018. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan TeknikBangunan Universitas Sebelas Maret dan Universitas Negeri Semarang serta Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Uiversitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengambilan data yang digunakan peneliti meliputi observasi, wawancara, kuisioner, dan studi dokumen. Adapun yang menjadi informan wawancara dan kuisioner adalah dosen sejumlah 9 orang dan mahasiswa sejumlah 39 orang. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan model analisis interaktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil bahwa konsep green home sudah diterapkan pada kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Sipil/Bangunan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta walaupun pada pelaksanaannya belum bisa maksimal. Penerapan dilakukan dalam bentuk penyisipan konsep green home pada materi pembelajaran tertentu yang dirasa relevan dengan materi green home. Dikatakan belum maksimal karena masih terdapat hambatan dalam pelaksanaannya salah satunya adalah masalah waktu. Peran serta Program Studi dalam mengawal penerapan konsep green home di lingkungan Program Studi juga belum maksimal. SDM tenaga pengajar atau dosen yang sudah berkompeten belum sepenuhnya didukung dengan sarana prasarana yang ada di kampus guna mewujudkan penerapan konsep green home secara maksimal. Kata kunci: green home, kurikulum, Pendidikan Teknik Sipil/Bangunan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 08 Apr 2019 17:43
    Last Modified: 08 Apr 2019 17:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43575

    Actions (login required)

    View Item