PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DAN NIAT MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA

Syamsi, Mohamad Iqbal Nur (2019) PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DAN NIAT MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (246Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mohamad Iqbal Nur Syamsi, K7614032, PENGARUH EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DAN NIAT MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh efektifitas pembelajaran di sekolah dan niat masuk perguruan tinggi negeri terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta; 2) mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran di sekolah terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta. 3) mengetahui pengaruh niat masuk perguruan tinggi negeri terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta. Penelitianaini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Surakarta dan merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitianbini berjumlah 289 dan sampel berjumlah 75 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner.bTeknik analisis data adalah analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t serta koefisien determinasi. Berdasarkanuuji statistik diperoleh kesimpulan bahwa((1) hasil pengujian terdapat pengaruh antara efektivitas pembelajaran di sekolah dan niat masuk perguruan tinggi negeri terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta dengan menggunakan program bantuSSPSS, diketahui besarnya Fstatistik = 15,205 > Ftabel = 3,12 dengan menggunkan signifikasi sebesar 0,000 < 0,005, sehingga dapat disimpulkan secara simultan variabel independen ( efektivitas pembelajaran di sekolah dan niat masuk perguruan tinggi negeri) mempengaruhi minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta (2) hasil pengujian diperoleh thitung = 3,090 > ttabel = 1,993 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara efektifitas pembelajaran di sekolah terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta. (3) hasilppengujian diperoleh thitung = 3,243 > ttabel = 1,993, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara niat masuk perguruan tinggi negeri terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta. Kata kunci: Efektivitas pembelajaran, Niat masuk perguruan tinggi dan Minat bimbingan belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 07 Apr 2019 14:45
    Last Modified: 07 Apr 2019 14:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43567

    Actions (login required)

    View Item