Pengembangan Sistem Informasi Presensi Kuliah Berbasis NFC di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret

Basyir, Muhammad (2019) Pengembangan Sistem Informasi Presensi Kuliah Berbasis NFC di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (596Kb)

    Abstract

    Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer merupakan salah satu program studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Dari angkatan pertama (2012) hingga tahun sekarang (2019), presensi bagi mahasiswa atau presensi perkuliahan masih menggunakan cara manual, yaitu masih menggunakan kertas. Presensi manual ini mempunyai kekurangan, diantaranya adalah menghabiskan waktu, terbukanya tindakan titip absen, dan keterlambatan mahasiswa yang masih belum ada tanggapan serius dari dosen. Dalam penelitian ini metode yang digunakan mengadopsi dari Borg and Gall. Tahapan-tahapan tersebut antara lain Penelitian dan Pengumpulan, Perencanaan, Pengembangan Draf Produk, Uji Coba Kelompok Kecil, Revisi Produk Pertama. Pada pengujian yang dilakukan, aspek yang digunakan mengambil aspek dari ISO 9126. Aspek tersebut adalah Fungsionalitas Sistem, Kehandalan Sistem, Kemudahan, Penggunaan, Efisiensi, Pemeliharaan Sistem, Portabilitas. Pengembangan sistem informasi ini dilakukan dua pengujian, yaitu pengujian terhadap ahli sistem dan pengujian terhadap pengguna sistem. Pengujian ini dilakukan untuk memenuhi sebuah kelayakan dari suatu sistem informasi. Hasil dari pengujian terhadap ahli sistem menunjukkan persentase nilai sebesar 87%, sedangkan pengujian terhadap pengguna sistem diperoleh persentase nilai sebesar 82,7% untuk dosen, dan 82,9% untuk mahasiswa. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi presensi berbasis NFC sangat layak untuk digunakan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 07 Apr 2019 14:34
    Last Modified: 07 Apr 2019 14:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43566

    Actions (login required)

    View Item