Strategi Pemenuhan Hak Warga Negara Untuk Mendapatkan Sertifikat Tanah Melalui Pendaftaran Tanah SIstematis Lengkap (PTSL) (Studi di Desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen)

Sari, Evi Nur Lia (2019) Strategi Pemenuhan Hak Warga Negara Untuk Mendapatkan Sertifikat Tanah Melalui Pendaftaran Tanah SIstematis Lengkap (PTSL) (Studi di Desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (7Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Evi Nur Lia Sari. K6414023. STRATEGI PEMENUHAN HAK WARGA NEGARA UNTUK MENDAPATKAN SERTIFIKAT TANAH MELALUI PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) (STUDI DI DESA ROWOKELE KECAMATAN ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Strategi pemenuhan hak warga negara untuk mendapatkan sertifikat tanah melalui PTSL di Desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen dan (2) Faktor-faktor penghambat dan pendukung pemenuhan hak warga negara untuk mendapatkan sertifikat tanah melalui PTSL di Desa Rowokele Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif sementara pendekatan penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Untuk memperoleh validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode, sementara teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1) strategi pemenuhan hak warga negara untuk mendapatkan sertifikat tanah melalui PTSL tercapai, dengan prosedur yang sederhana dan biaya yang terjangkau sehingga hak-hak warga negara terpenuhi yaitu (a) Hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum (b) Hak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus dan (c) Hak mempunyai hak milik pribadi.; (2) Faktor-faktor penghambat pemenuhan hak warga negara untuk mendapatkan sertifikat tanah melalui PTSL di Desa Rowokele terdiri dari kendala internal yang meliputi : kesulitan dalam pencarian riwayat kepemilikan tanah dan data tanah yang masih ganda. Sedangkan kendala eksternal meliputi : faktor masyarakat yang kurang memahami fungsi dan kegunaan sertifikat tanah, kondisi geografis wilayah Desa Rowokele dan penyerahan sertifikat tanah yang belum diserahkan. Sementara itu untuk faktor pendukung pemenuhan hak warga negara untuk mendapatkan sertifikat tanah melalui PTSL di Desa Rowokele antara lain dukungan dari berbagai pihak dan partisipasi masyarakat, kerjasama dan koordinasi panitia. Kata Kunci: strategi, hak, warga negara, sertifikat tanah, pendaftaran, PTSL

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 07 Apr 2019 13:31
    Last Modified: 07 Apr 2019 13:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43562

    Actions (login required)

    View Item