PENGEMBANGAN GAME BERBANTU RPG MAKER MV SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X DI PURBALINGGA

FUQOHA, AHMAD AKROM NUR (2019) PENGEMBANGAN GAME BERBANTU RPG MAKER MV SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X DI PURBALINGGA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran berupa game berbantu RPG Maker MV berbasis guided inquiry pada materi trigonometri untuk meningkatkan prestasi siswa SMA/MA Kelas X di Purbalingga, bagaimana kelayakan produk yang dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, dan juga untuk mengetahui manakah yang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik antara penggunaan media pembelajaran berupa game berbantu RPG Maker MV berbasis guided inquiry atau pembelajaran menggunakan media power point pada materi trigonometri untuk siswa SMA/MA Kelas X di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) yang dikemukakan oleh Budiyono, yaitu terdiri dari empat tahapan utama, yaitu (1) Studi Pendahuluan, (2) Pengembangan Produk, (3) Pengujian Keampuhan, dan (4) Diseminasi dan Implementasi Produk. Pengembagan dilakukan di Kabupaten Purbalingga dengan target pengguna adalah siswa SMA/MA kelas X. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi ahli, lembar validasi ahli media, angket respon guru, angket respon siswa, instrumen penilaian hasil belajar, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Pengembangan produk dilakukan dengan menggunakan model pengembangan R&D yang terdiri diri 4 langkah menurut Budiyono, yaitu (i) studi pendahuluan, (ii) pengembangan produk, (iii) pengujian keampuahn, dan (iv) diseminasi dan implementasi produk. Pada tahap studi pendahuluan dilakukan penelitian awal, analisis kebutuhan, dan studi literatur. Pada tahap pengembangan produk dilakukan perencanaan, pengembangan awal, dan uji coba revisi produk. Tahap uji keampuhan dilakukan pada uji skala luas di Kabupaten Purbalingga yaitu di SMA N 1 Purbalingga, MAN Purbalingga, dan SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga. 2) Hasil penilaian yang diperoleh dari pengembangan game berbantu RPG Maker MV berbasis guided inquiry adalah berkualifikasi valid dengan skor 3,27, praktis dengan skor 3,24. Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan oleh observer menujukkan kualifikasi baik dengan keterlaksanan pembelajaran mencapai 85%. Produk memiliki kualifikasi efektif karena dapat meningkatkan prestasi trigonometri siswa. 3) Pembelajaran menggunakan media game berbantu RPG Maker MV berbasis guided inquiry memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran power point pada materi trigonometri kelas X SMA/MA di Kabupaten Purbalingga. Kata kunci: media pembelajaran, matematika, RPG Maker MV, guided inquiry

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 07 Apr 2019 03:59
    Last Modified: 07 Apr 2019 03:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43559

    Actions (login required)

    View Item