PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK LAMBAT BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR INKLUSI SURAKARTA

PUTRI, NADIA DEVINA ARYA (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK LAMBAT BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR INKLUSI SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    Nadia Devina Arya Putri. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANAK LAMBAT BELAJAR KELAS IV SEKOLAH DASAR INKLUSI SURAKARTA. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Siti Sutarmi Fadhilah, M.Pd., Program Studi Magister Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kondisi hasil belajar matematika anak lambat belajar kelas IV sekolah dasar inklusi, (2) memperoleh prosedur pengembangan media pembelajaran matematika realistik berbasis game untuk meningkatkan hasil belajar matematika anak lambat belajar kelas IV sekolah dasar inklusi, dan (3) menguji efektivitas pengembangan media pembelajaran matematika realistik berbasis game dalam meningkatkan hasil belajar anak lambat belajar kelas IV sekolah dasar inklusi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Responden pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu responden uji coba awal sebanyak 6 orang validator, responden uji coba lapangan utama skala terbatas sebanyak 2 orang guru, dan subjek uji coba lapangan operasional sebanyak 12 anak lambat belajar kelas IV di sekolah inklusi SDN Bromantakan, SDN Pajang 1, SDN Kartodipuran, dan SDN Manahan. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji coba lapangan operasional menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika anak lambat belajar masih rendah dan guru belum menggunakan media pembelajaran yang efektif, (2) kelayakan media pembelajaran matematika realistik berbasis game bagi anak lambat belajar di sekolah inklusi termasuk kategori sangat layak berdasarkan penilaian dari para validator, dan (3) media pembelajaran matematika realistik berbasis game efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada anak lambat belajar di sekolah inklusi. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai pretest dan posttest yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan, serta perolehan p-hitung sebesar 0,002 yang berarti lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikansi (0,05). Penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran matematika realistik berbasis game efektif untuk meningkatkan hasil belajar anak lambat belajar di sekolah inklusi. Kata kunci: media pembelajaran matematika realistik, hasil belajar anak lambat belajar, sekolah inklusi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 07 Apr 2019 03:42
    Last Modified: 07 Apr 2019 03:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43548

    Actions (login required)

    View Item