ANALISIS TEORI PILIHAN RASIONAL JAMES S. COLEMAN TERHADAP RASIONALITAS ORANG TUA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN JURUSAN KULIAH ANAK DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET

LATIFAH, ISMI (2019) ANALISIS TEORI PILIHAN RASIONAL JAMES S. COLEMAN TERHADAP RASIONALITAS ORANG TUA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN JURUSAN KULIAH ANAK DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (187Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjelaskan rasionalitas orang tua dalam pengambilan keputusan jurusan kuliah anak. Minat dan bakat dianggap aspek penting yang perlu diperhatikan dalam keputusan melanjutkan pendidikan, pada kenyataan nya keputusan orang tua lebih berpengaruh besar dalam pendidikan anak. Dalam konsep pengambilan keputusan terbagi menjadi rasional dan emosional, rasional yaitu mempertimbangkan semua alternatif dengan segala akibat dari pilihan yang diambilnya, menyusun segala akibat dan memperhatikan skala pilihan yang pasti dan memilih alternatif yang memberikan hasil maksimal. Maka untuk melihat pengambilan keputusan mengenai jurusan kuliah anak, akan dilihat rasionalitas orang tua dalam pengambilan keputusan tersebut. Informan dalam penelitian ini adalah empat pasang orang tua, memiliki anak yang berkuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) terdiri dari jurusan: Kedokteran, Ilmu Hukum, Ilmu komunikasi, Desain Gravis (FSRD). Informan dipilih dengan teknik pengambilan informan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interaktif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara dan observasi langsung. Triangulasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data dianalisis dengan teori pilihan rasional James Coleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasionalitas orang tua dalam pengambilan keputusan jurusan kuliah anak, yaitu (a) Langkah Melanjutkan Tujuan yang Telah Ditetapkan, (b) Kualifikasi dalam Menghadapi Persaingan Dunia Kerja, (c) Memperluas Relasi; Sedangkan (a) Pemilihan Jurusan Didasarkan Pada Rasionalitas Orang Tua, (b) Faktor Keluarga yang Bekerja dibidang yang sama, (c) Peluang Pekerjaan di Masa Depan, (c) Investasi Jangka Panjang, (d) Status Sosial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 07 Apr 2019 03:37
    Last Modified: 07 Apr 2019 03:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43545

    Actions (login required)

    View Item