PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN PENJUALAN PEDAGANG ETNIS TIONGHOA DAN SUKU JAWA DI PASAR TRADISIONAL GEDE HARDJONAGORO KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA

Endarwati, Endarwati (2019) PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN PENJUALAN PEDAGANG ETNIS TIONGHOA DAN SUKU JAWA DI PASAR TRADISIONAL GEDE HARDJONAGORO KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (176Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) peran pedagang pasar Etnis Tionghoa dan Suku Jawa dalam membentuk kepercayaan di Pasar Gede Hardjonagoro Surakarta. (2) pedagang pasar mempertahankan kepercayaan dalam menunjang perekonomian pedagang Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berasal dari wawancara dan dokumentasi. Informan yang digunakan sebagai sumber data utama yaitu pedagang Etnis Tionghoa, Suku Jawa dan Staff pengelola pasar. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik uji validitas data yang digunakan terdiri berupa triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menggunakan teori Francis Fukuyama menunjukkan bahwa (1) dalam membentuk kepercayaan penjualan pedagang pasar Etnis Tionghoa dan Suku Jawa dengan menjaga kualitas barang selain itu memberikan garansi kepada konsumen dan melakukan berbagai kegiatan yang dapat memupuk kepercayaan, kepercayaan terbentuk dengan adanya nilai-nilai yang tercipta antar pedagang pasar tradisional, kepercayaan semakin kuat ketika pedagang melakukan kegiatan sosial dan berpartisipasi dalam kegiatan yang ada di pasar, jadi dapat dikatakan membentuk kepercayaan tidak semudah membeli produk tetapi kepercayaan terbentuk melalui proses-proses yang cukup lama dan menciptakan nilai-nilai yang dapat terbentuknya sebuah kepercayaan. (2) membangun sebuah kepercayaan pada pedagang multikultural yakni pedagang Etnis Tionghoa dan Suku Jawa dalam menunjang perekonomian pedagang pasar dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat menguntungkan sesama pedagang pertama yakni, melayat,menjenguk orang sakit dan datang ke hajatan hal ini merupakan bentuk partisipasi para pedagang dalam melakukan kegiatan sosial dan membantu meringankan pedagang dalam kesusahan. Kedua aktif dalam perkumpulan pasar yakni arisan dengan mengikuti arisan dalam memperkuat hubungan silahtirohmi antar pedagang. Ketiga membantu berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pasar seperti Grebeg Sudiro dan Tujuh Belas Agustusan. Keempat menjaga kualitas produk penjualan dan memberikan garansi kepada konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 06 Apr 2019 23:38
    Last Modified: 06 Apr 2019 23:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43540

    Actions (login required)

    View Item