Efektivitas Sistem Penyediaan Air Bersih Perusahaan Daerah Air Minum di Kawasan Permukiman Sekitar Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Ulferina, Murena (2016) Efektivitas Sistem Penyediaan Air Bersih Perusahaan Daerah Air Minum di Kawasan Permukiman Sekitar Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (61Kb)

    Abstract

    Penyediaan air bersih kawasan permukiman sekitar kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dilayani oleh Instalasi Pengolahan Air (IPA) Jurug dengan air baku berasal dari Sungai Bengawan Solo. Sistem penyediaan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) terdiri dari lima unit yaitu unit air baku, transmisi, produksi, distribusi, dan pelayanan. Setiap variabel dihubungkan dengan komponen efektivitas yaitu kualitas, kuantitas, dan waktu. Pola persebaran permukiman juga memiliki keterkaitan terhadap sistem penyediaan air bersih. Efektivitas sistem penyediaan air terbagi menjadi tiga kategori, yaitu tidak efektif, kurang efektif dan efektif. Efektivitas sistem penyediaan air bersih dapat menjadi masukan bagi penyedia air bersih dalam menyediakan air bersih terhadap pelanggannya serta menjadi masukan bagi penyediaan infrastruktur di kawasan tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang didapat dari survey data ke PDAM dan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BAPPPEDA) Surakarta, sedangkan data primer didapat dari wawancara dan kuisioner pelanggan PDAM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data primer dan sekunder diolah menggunakan teknik analisis skoring, sedangkan pola persebaran permukiman dianalisis menggunakan analisis tetangga tedekat pada software ArcGIS 10.1 kemudian didapatkan pola persebaran permukiman yaitu mengelompok. Pola persebaran permukiman mengelompok mempermudah dalam pendistribusian air bersih. Hasil penenlitian ini menyatakan bahwa sistem penyediaan air bersih di kawasan permukiman di sekitar Kampus UNS Surakarta kurang efektif namun sudah mendekati efektif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 06 Apr 2019 14:10
    Last Modified: 06 Apr 2019 14:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43536

    Actions (login required)

    View Item