Pengaruh Penerapan Model Problem-based Learning Seven Jumps terhadap Possibility Thinking Siswa Kelas XI

Budiyanti, Mutiara Diah Ayu (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem-based Learning Seven Jumps terhadap Possibility Thinking Siswa Kelas XI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (21Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mutiara Diah Ayu Budiyanti, K4312044. PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING SEVEN JUMPS TERHADAP POSSIBILITY THINKING SISWA KELAS XI. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-based learning seven jumps (PBLSJ) terhadap possibility thinking siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest nonequivalent control group yang melibatkan dua kelas XI SMA, yakni kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model PBLSJ dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Kelas tersebut dipilih sacara acak dari tiga kelas secara keseluruhan, kelas XI MIPA 2 terdiri dari 37 siswa (13 laki-laki dan 24 perempuan) sedangkan siswa kelas XI MIPA 3 terdiri dari 37 siswa (17 laki-laki dan 20 perempuan). Data possibility thinking siswa didapatkan melalui tes yang dikembangkan dari Model of Possibility Thinking. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t menggunakan bantuan program SPSS 17 dengan nilai signifikansi 0,05. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBLSJ memberikan dampak positif terhadap possibility thinking siswa yang ditunjukkan melalui peningkatan rata-rata nilai pretes dan postes dari 52,75 menjadi 66,25. Siswa pada kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model PBLSJ memiliki nilai rata-rata possibility thinking dan nilai rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model konvensional. Hasil uji-t menunjukkan bahwa signifikansi kurang dari 0,05 (0,00<0,05), sehingga keputusan uji adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji effect size pada kelas eksperimen 1,88, sedangkan pada kelas kontrol hanya 0,23. Kata Kunci : model Problem-based learning seven jumps, possibility thinking, biologi SMA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 06 Apr 2019 13:59
    Last Modified: 06 Apr 2019 13:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43535

    Actions (login required)

    View Item