PERBANDINGAN HASIL IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM NEGATIF MENGGUNAKAN TEKNIK BIOKIMIA OTOMATIS (VITEK® 2) DAN MALDI-TOF MS (VITEK® MS)

Izzati, Maulidi (2019) PERBANDINGAN HASIL IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM NEGATIF MENGGUNAKAN TEKNIK BIOKIMIA OTOMATIS (VITEK® 2) DAN MALDI-TOF MS (VITEK® MS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2811Kb)

    Abstract

    Latar Belakang : Teknik biokimia otomatis (VITEK® 2, bioMérieux, USA) merupakan teknik identifikasi bakteri dan jamur yang memanfaatkan teknologi berbasis mikrobiologi dengan prinsip biokimia otomatis. Sedangkan teknik MALDI-TOF MS (Matrix-assisted laser desorption ionization–time of flight mass spectrometry) (VITEK® MS, bioMérieux, USA) merupakan teknik identifikasi bakteri dan jamur yang memanfaatkan teknik dasar identifikasi spektrum sidik jari (mass spectral fingerprints). Beberapa penelitian telah dilakukan untuk membandingkan identifikasi bakteri menggunakan teknik biokimia otomatis dengan MALDI-TOF MS, tetapi dengan hasil yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil identifikasi spesies bakteri Gram negatif menggunakan kedua teknik biokimia otomatis dan MALDI-TOF MS terhadap kejadian infeksi bakteri Gram negatif. Metode : Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consequtive sampling dengan jumlah 30 sampel. Sampel merupakan isolat bakteri Gram negatif berasal dari spesimen pasien yang dikirim ke Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUD Dr. Moewardi Surakarta selama bulan November 2018. Kemudian hasil identifikasi dari kedua alat tersebut akan dibandingkan dan dianalisis menggunakan Uji Koefisien Cohen’s Kappa dengan aplikasi SPSS 16.0. Hasil : Dari hasil pemeriksaan, terdapat 3 perbedaan hasil identifikasi bakteri Gram negatif. Sebanyak 2 sampel mengalami perbedaan nama spesies bakteri dan 1 sampel tidak teridentifikasi oleh teknik biokimia otomatis. Dari hasil uji statistik didapatkan bahwa terdapat hubungan kesepakatan menggunakan kedua teknik identifikasi (p-value=0.000) dengan keeratan kesepakatan kuat (k-value=0.0783) menunjukkan bahwa fungsi kedua teknik tersebut bisa saling menggantikan. Simpulan : Terdapat hubungan kesepakatan antara kedua teknik identifikasi dengan keeratan kesepakatan kuat, menunjukkan bahwa fungsi kedua teknik tersebut bisa saling menggantikan. Kata Kunci: bakteri Gram negatif, identifikasi bakteri, biokimia otomatis, MALDI-TOF MS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RB Pathology
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 06 Apr 2019 11:42
    Last Modified: 06 Apr 2019 11:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43533

    Actions (login required)

    View Item