PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI JATIMULYO TAHUN AJARAN 2018/2019

Khasanah, Wahyu (2019) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI JATIMULYO TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (73Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wahyu Khasanah. PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI JATIMULYO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2019. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan model quantum teaching dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III, 2) meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III melalui penerapan model quantum teaching dengan multimedia, 3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model quantum teaching dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah penerapan model quantum teaching dengan mutimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III, yaitu: a) tumbuhkan dengan multimedia, b) alami dengan multimedia, c) namai dengan multimedia, d) demontrasikan dengan multimedia, e) ulangi dengan multimedia, dan f) rayakan dengan multimedia; 2) penerapan model quantum teaching dengan mutimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri Jatimulyo tahun ajaran 2018/2019 yang dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa yaitu 73,91% pada siklus I, 84,78% pada siklus II, dan 93,48% pada siklus III; 3) kendala penerapan model quantum teaching dengan mutimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III, yaitu: a) masih ada siswa yang belum berani menanggapi presentasi kelompok lain, dan b) masih ada siswa yang pasif saat guru melakukan tanya jawab. Adapun solusi dari kendala di atas, yaitu: guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berani menanggapi presentasi kelompok lain, dan guru merangsang siswa yang pasif untuk bertanya dengan cara memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model quantum teaching dengan mutimedia yang dilaksanakan sesuai skenario dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III SD Negeri Jatimulyo tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: quantum teaching, multimedia, hasil belajar IPS. ABSTRACT Wahyu Khasanah. THE APPLICATION OF THE QUANTUM TEACHING MODEL WITH MULTIMEDIA TO IMPROVE THE STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES OF SOCIAL SCIENCE ABOUT TYPES OF JOBS ON GRADE III STUDENTS OF SD NEGERI JATIMULYO IN ACADEMIC YEAR 2018/2019. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, February 2019. This study aimed 1) to describe the application of quantum teaching and multimedia models to improve social science learning outcomes about the types of jobs on third grade students, 2) to improve social science learning outcomes about the types of jobs in third grade students through the application of the quantum teaching model with multimedia, 3) to describe the constraints and solutions in applying quantum teaching and multimedia models to improve social science learning outcomes about the types of jobs on third grade students. This study is a collaborative classroom action research carried out in three cycles consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were teachers and third grade students. Data collection techniques used test techniques, observation, and interviews. Test the validity of the data used technical triangulation and source triangulation. Data analysis included data reduction, data presentation, and conclusion. The results study indicated that: 1) the steps to apply the quantum teaching model with multimedia to improve social science learning outcomes about the types of jobs in third grade students, namely: a) growing with multimedia, b) getting natural with multimedia , c) naming with multimedia, d) demonstrating with multimedia, e) repeating with multimedia, and f) celebrating with multimedia; 2) the application of the quantum teaching model with multimedia could improve social science learning outcomes about the types of jobs on third grade students. as evidenced by an increase in the percentage of students’ completeness from 73.91% in the first cycle, 84.78% in the second, and 93.48% in the third; 3) the constraints of applying the quantum teaching model with multimedia to improve social studies learning outcomes about the types of jobs on third grade students including: a) there were students who have not dared to respond to other group presentations, and b) there were students who are passive when the teacher asked questions. The solutions the above constraints include: the teacher provides motivation to students who have not dared to respond to other group presentations, and the teacher stimulates students who are passive to ask questions by giving questions related to the material. The conclusion of this study is the application of the quantum teaching model with multimedia that is implemented according to the scenario could improve social science learning outcomes about the types of jobs on third grade students of SD Negeri Jatimulyo in Academic Year 2018/2019. Keywords: quantum teaching, multimedia, social science learning outcomes

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 06 Apr 2019 04:10
    Last Modified: 06 Apr 2019 04:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43527

    Actions (login required)

    View Item