Pengaruh Penggunaan Pendekatan Matematika Berjenjang Terhadap Peningkatan Kemampuan Simbolisasi (1-20) Pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika Kelas 2 Sekolah Dasar

DARUWATI, DARUWATI (2019) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Matematika Berjenjang Terhadap Peningkatan Kemampuan Simbolisasi (1-20) Pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika Kelas 2 Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (237Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Daruwati. K5114012. PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA BERJENJANG TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SIMBOLISASI (1-20) PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan matematika berjenjang terhadap peningkatan kemampuan simbolisasi (1-20) pada anak berkesulitan belajar matematika kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak berkesulitan belajar matematika kelas II Sekolah Dasar di SD 1 Al Islam Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi dengan expert judgement. Reliabilitas instrumen menggunakan Interrater Realibility. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dengan metode analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai kemampuan simbolisasi. Nilai rata-rata kemampuan simbolisasi yaitu dari 35 pada fase baseline-1 (A1) menjadi 81,7 pada fase intervensi (B). Namun pada fase baseline-2 nilai mengalami sedikit penurunan dari fase intervensi (B) yaitu 71,7. Kecenderungan stabilitas pada fase B dan A1 adalah 100% stabil. kecenderungan stabilitas pada fase A2 dan B adalah 100% stabil. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pendekatan matematika berjenjang berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan simbolisasi (1-20) pada anak berkesulitan belajar matematika kelas 2 Sekolah Dasar. Kata Kunci : pendekatan matematika berjenjang, kemampuan simbolisasi, anak berkesulitan belajar matematika. ABSTRACT Daruwati. K5114012. THE EFFECT OF TIERED MATHEMATICAL APPROACH ON IMPROVE THE SYMBOLIZATION CAPABILITIES (1-20) OF CHILDREN WITH MATHEMATIC LEARNING DIFFICULTY ON 2ND GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL. Skripsi. Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education Universitas Sebelas Maret, January 2019. This study aimed to understand the effect of tiered mathematical approach on improve the symbolization capabilities (1-20) of children with mathematic learning difficulty on 2nd grade of Elementary School. This study is experimental with Single Subject Research (SSR) method using A-B-A design. The subject of this study is a children with mathematical learning difficulty on 2nd grade of Elementary School in Al Islam 1 Elementary School. The data’s collection was done using test. The instrument’s validity was done using content validity that was expert judgement. The instrument’s reliability was done using Interrater Reliability. The data analysis used in this study is descriptive analysis with visual analysis method which conclude in-condition analysis and between-condition analysis. The result of this study shows an increase on subject’s symbolization capabilities score. The average on subject’s symbolization capabilities are from 35 in baseline-1 phase (A1) to 81,7 in intervension (B). But in baseline-2 phase the score is a few decline from the baseline-2 phase (A2) the score is 71,7. The stability trends in B and A1 phase are 100% stable. The stability trends in A2 and B phase are 100% stable. The conclusion of this study is tiered mathematical approach affect the symbolization capabilities (1-20) of children with mathematical learning difficulty on 2nd grade of Elementary School. Key Words : tiered mathematical approach, symbolization capabilities, mathematical learning difficulty.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 06 Apr 2019 04:03
    Last Modified: 06 Apr 2019 04:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43521

    Actions (login required)

    View Item