IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN TWO-TIER DIAGNOSTIC TEST DI LENGKAPI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI HIDOLISIS GARAM KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

PUTRO, TOMAS ISTANTYO (2019) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN TWO-TIER DIAGNOSTIC TEST DI LENGKAPI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI HIDOLISIS GARAM KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Tomas Istantyo Putro. IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DENGAN TWO-TIER DIAGNOSTIC TEST DI LENGKAPI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI HIDOLISIS GARAM KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat miskonsepsi pada materi hidrolisis garam serta untuk mengetahui letak miskonsepsi yang dialami siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik stratified random sampling. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Tes yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan tes diagnostik two-tier test dilengkapi metode Certainty of Response Index (CRI). Teknik nontes yaitu dengan melakukan observasi proses pembelajaran serta wawancara pada beberapa siswa berdasarkan hasil tes tertulis two-tier test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi miskonsepsi pada siswa sebanyak 47 % dalam materi hidrolisis garam di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Miskonsepsi yang terjadi hampir pada setiap sub konsep. Menurut hasil analisis jawaban siswa, siswa mengalami miskonsepsi terbesar pada pada sub konsep menghitung massa garam jika diketahui pH, Mr, dan Volume, yaitu sebesar 75 %. Kata Kunci: miskonsepsi, hidrolisis garam, tes diagnostik two-tier test, CRI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 06 Apr 2019 03:56
    Last Modified: 06 Apr 2019 03:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43518

    Actions (login required)

    View Item