PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 1 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Wulandari, Penni (2019) PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 1 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (143Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penni Wulandari. K4614067. PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP NEGERI 1 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019, Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar servis bawah bolavoli dengan penerapan alat bantu pembelajaran seperti bola spons, bola voli, cone, tali rafia, kapur, dan tapping dalam proses pembelajaran pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik putra dan 20 peserta didik putri. Sumber data berasal dari peserta didik, guru, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip berupa foto. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan. Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus hasil belajar servis bawah bolavoli pada aspek pengetahuan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 12 peserta didik dengan persentase 38%, sedangkan pada aspek keterampilan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 12 peserta didik dengan persentase 38%. Pada siklus I hasil belajar servis bawah bolavoli pada aspek pengetahuan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 24 peserta didik dengan persentase 75%, dan pada aspek keterampilan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 21 peserta didik dengan persentase 66%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar servis bawah bolavoli pada aspek pengetahuan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 27 peserta didik dengan persentase 84%, dan pada aspek keterampilan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 27 peserta didik dengan persentase 84%. Dalam penelitian ini hasil belajar servis bawah bolavoli telah mencapai target yaitu 80% pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan servis bawah bolavoli pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Hasil Belajar, Servis Bawah Bolavoli, Penerapan Alat Bantu .Pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 05 Apr 2019 21:26
    Last Modified: 05 Apr 2019 21:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43505

    Actions (login required)

    View Item