Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Reaksi Reduksi-Oksidasi Kelas X MIA SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018

Irawati, Nafisa (2019) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Reaksi Reduksi-Oksidasi Kelas X MIA SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-MIA pada materi reaksi reduksi-oksidasi di SMA Islam 1 Surakarta menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dilengkapi dengan LKS, dan (2) prestasi belajar siswa kelas X-MIA pada materi reaksi reduksi-oksidasi di SMA Islam 1 Surakarta menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dilengkapi dengan LKS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi LKS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA pada materi reaksi reduksi-oksidasi di SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes siklus I dengan ketuntasan siswa sebesar 82,60%. (2) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MIA pada materi reaksi reduksi-oksidasi di SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 73,91% dan meningkat menjadi 86,96% pada siklus II. Ketercapaian aspek pengetahuan siswa sebesar 52,17% dan meningkat menjadi 73,91% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 91,3%. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, LKS, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar, reaksi reduksi-oksidasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 05 Apr 2019 19:59
    Last Modified: 05 Apr 2019 19:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43501

    Actions (login required)

    View Item