Analisis Proses Berpikir Reflektif Siswa Kelas XI SMK Citra Medika Sukoharjo Dalam Penyelesaian Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gender Tahun Pelajaran 2017/2018

Sulistyarin, Dyah Ayu (2019) Analisis Proses Berpikir Reflektif Siswa Kelas XI SMK Citra Medika Sukoharjo Dalam Penyelesaian Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gender Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (6Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menganalisis proses berpikir reflektif siswa kelas XI SMK Citra Medika Sukoharjo dengan kemampuan awal matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa perempuan dan siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu 6 siswa kelas XI Keperawatan 1 dengan subjek masing-masing terdiri dari tiga siswa perempuan dan tiga siswa laki-laki yang berkemampuan awal matematika tinggi. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara think aloud. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu, data valid dianalisa menurut Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian proses berpikir reflektif siswa perempuan dan laki-laki pada saat reacting antara lain siswa membaca soal berulang kali, siswa mengungkapkan perasaannya terhadap masalah yang diberikan, siswa mengemukakan alasannya dalam memilih langkah yang digunakan untuk menyelesaikan soal, siswa mengutarakan perasaannya bahwa langkah yang telah ia lakukan untuk memperoleh solusi sudah benar, siswa mengungkapkan pengalamannya terdahulu terkait perlunya untuk memeriksa kembali pekerjaannya dan melihat kembali hasil yang diperoleh, siswa perempuan selalu memeriksa pekerjaan mereka kembali untuk memastikan keakuratan jawaban. Saat elaborating, siswa menyebutkan pengalaman terdahulunya yang berhubungan dengan masalah yang diberikan, menyebutkan persamaan dan perbedaan dengan pengalamannya berkaitan dengan informasi yang diberikan pada masalah, siswa mengungkapkan persamaan dan perbedaan dengan pengalamannya terkait langkah-langkah yang telah dilakukan, siswa menjelaskan konsep berdasarkan pengalamannya, siswa menjelaskan kaitan antara informasi yang diperoleh pada masalah yang diberikan, siswa mengungkapkan pengalamannya selalu memeriksa kembali jawabannya. Saat contemplating, siswa mempertimbangkan dan meyakini bahwa informasi yang ada dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah, siswa mempertimbangkan langkah yang dipergunakan merupakan langkah yang benar untuk menyelesaikan masalah, siswa melakukan evaluasi terhadap kesalahan yang ditemuinya dan segera memperbaikinya, siswa menimbang dan meyakini jawaban yang ia peroleh merupakan solusi dari masalah yang diberikan, siswa menyebutkan kesimpulan setelah menyelesaikan masalah. Kata kunci: proses berpikir, reflektif, reacting, elaborating, contemplating, penyelesaian masalah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 05 Apr 2019 19:54
    Last Modified: 05 Apr 2019 19:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43500

    Actions (login required)

    View Item