Identifikasi Miskonsepsi Pada Materi Asam Basa Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier Dengan Model Mental Pada Siswa Kelas XII MIPA SMA N 1 Sragen Tahun Ajaran 2018/2019

Nugroho, Didik Mukti (2019) Identifikasi Miskonsepsi Pada Materi Asam Basa Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier Dengan Model Mental Pada Siswa Kelas XII MIPA SMA N 1 Sragen Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (85Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Didik Mukti Nugroho. K3314013. IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI ASAM BASA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK TWO-TIER DENGAN MODEL MENTAL PADA SISWA KELAS XII MIPA SMA N 1 SRAGEN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis siswa yang mengalami miskonsepsi dalam materi pokok asam basa dan mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi dalam konsep asam basa pada siswa kelas XII MIPA SMA N 1 Sragen tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian terdiri dari 62 siswa. Data penelitian tentang miskonsepsi diperoleh dari tes diagnostik miskonsepsi two tier dengan opened reasoning dan model mental. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebanyak 49% dari 62 siswa SMA kelas XII di SMA Negeri Sragen mengalami miskonsepsi pada materi Asam Basa pada sub-konsep yang berbeda-beda. Sedangkan siswa yang paham konsep sebesar 8% dari 62 siswa. Selain itu, juga terdapat 19 % siswa yang paham sebagian. Siswa yang menebak dalam jawaban tes diagnostik ada 20% sedangkan 2% siswa mengalami eror saat menjawab dan 2% siswa tidak paham konsep asam basa. Hasil identifikasi mengenai letak miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Sragen pada tiap sub konsep dalam materi Asam Basa dari yang tertinggi adalah sebagai berikut: 1) Pada sub konsep sifat elektrolit dan nonelektrolit pada larutan asam basa yaitu sebesar 90,32%. 2) Pada sub konsep larutan asam dan basa yaitu sebesar 75,81%. 3) Pada sub konsep asam kuat dan asam lemah.yaitu sebesar 66,13%. 4) Pada sub konsep reaksi netralisasi yaitu sebesar 48,79%. 5) Pada sub konsep kekuatan asam basa yaitu sebesar 31,45%. 6) Pada sub konsep perkembangan teori asam basa yaitu sebesar 14,52%. Kata kunci : Miskonsepsi, Asam dan Basa, Model Mental, Two tier

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 05 Apr 2019 19:29
    Last Modified: 05 Apr 2019 19:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43497

    Actions (login required)

    View Item