Studi Kualitatif Faktor Kepuasan dan Ketidakpuasan Wartawan yang Bertugas di Ruang Loka Warta Terhadap Layanan Media Relations Humas Pemerintah Kota Surakarta

Dharmastuti, Laurensia Lantis (2019) Studi Kualitatif Faktor Kepuasan dan Ketidakpuasan Wartawan yang Bertugas di Ruang Loka Warta Terhadap Layanan Media Relations Humas Pemerintah Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    Laurensia Lantis Dharmastuti (D1216035) STUDI KUALITATIF FAKTOR KEPUASAN DAN KETIDAKPUASAN WARTAWAN YANG BERTUGAS DI RUANG LOKA WARTA TERHADAP LAYANAN MEDIA RELATIONS HUMAS PEMERINTAH KOTA SURAKARTA Skripsi (S-1) Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2018. Humas pemerintah merupakan ujung tombak pemerintah dalam menyampaikan program dan kinerja pemerintah. Humas sangat membutuhkan wartawan dan media untuk mempublikasikan kebijakan pemerintah kepada masyarakat, oleh sebab itu, humas perlu menjalin hubungan baik dengan media. Media relations merupakan salah satu aktivitas menjalin hubungan baik dengan media untuk mendapat publikasi positif yang berdampak pada reputasi organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk kepuasan dan ketidakpuasan wartawan yang bertugas di ruang Loka Warta terhadap layanan media relations Humas Pemerintah Kota Surakarta. Dalam menjalankan layanan media relations, Humas Pemerintah Kota Surakarta memberikan layanan kepada wartawan sesuai dengan maklumat pelayanan informasi publik yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui wawancara secara mendalam terhadap 13 wartawan Loka Warta bidang liputan Pemerintah Kota Surakarta dan 2 Humas Pemerintah Kota Surakarta. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan (drawing and verifiying conclusions). Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa terdapat kebutuhan-kebutuhan wartawan yang sudah dipenuhi oleh Humas Pemerintah Kota Surakarta sebagai faktor-faktor dalam pembentuk kepuasan wartawan dan kebutuhan-kebutuhan wartawan yang belum dipenuhi oleh Humas Pemerintah Kota Surakarta sebagai faktor-faktor dalam pembentuk ketidakpuasan wartawan. Kesimpulan dalam penelitian ini, faktor-faktor dalam pembentuk kepuasan wartawan Loka Warta terhadap layanan media relations Humas Pemerintah Kota Surakarta antara lain kepuasan wartawan terhadap ketersediaan ruang Loka Warta, fasilitas di ruang Loka Warta, kegiatan press gathering, kegiatan press tour, dan seterusnya. Sedangkan faktor-faktor dalam pembentuk ketidakpuasan wartawan Loka Warta terhadap layanan media relations Humas Pemerintah Kota Surakarta adalah ketidakpuasan wartawan terhadap peran humas sebagai juru bicara pemerintahan, kegiatan press conference, press release pada saat press conference, kecepatan respon permintaan informasi, dan seterusnya. Kata kunci: faktor, kepuasan wartawan, ketidakpuasan wartawan, humas pemerintah, layanan media relations.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 05 Apr 2019 19:22
    Last Modified: 05 Apr 2019 19:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43496

    Actions (login required)

    View Item