PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Suciati, Suciati (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Suciati. K4614088 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bola basket pada peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Surakarta berjumlah 34 peserta didik. Dengan rincian peserta didik putra 13 anak dan peserta didik putri 21 anak. Sumber data dari penelitian ini berasal dari peserta didik, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolabolator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif. Hasil wawancara dengan kolabolator menyatakan bahwa untuk data penilaian KKM passing bola basket adalah 74. Data penilaian yang diperoleh dari kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 43 peserta didik adalah sebagai berikut : Pada kondisi awal diperoleh hasil ketuntasan belajar yang masih kurang maksimal, yaitu 20 (59%) yang mencapai kriteria tuntas, dan 14 (41%) belum tuntas pada aspek pengetahuan sedangkan untuk aspek ketrampilan 16 (47%) yang mencapai kriteria tuntas, dan 18 (53%) belum tuntas. Pada akhir pembelajaran siklus I terdapat 27 (79%) mencapai kriteria tuntas dan 7 (21%) belum tuntas pada aspek pengetahuan, sedangkan untuk aspek ketrampilan 25 (74%) mencapai kriteria tuntas, dan 9 (26%) belum tuntas. Pada akhir pertemuan siklus II terdapat 31 (91%) mencapai kriteria tuntas, dan 3 (9%) belum tuntas pada aspek pengetahuan, sedangkan untuk aspek ketrampilan 30 (88%) mencapai kriteria tuntas, dan 4 (12%). Dari data awal sampai pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sehingga target penelitian mencapai 80% . Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar passing bola basket pada peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Hasil Belajar, Passing Bola Basket, TGT (Teams Games Tournament).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 05 Apr 2019 15:06
    Last Modified: 05 Apr 2019 15:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43489

    Actions (login required)

    View Item