PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Wijaya, Jessyca Glory (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Jessyca Glory Wijaya. K4413038. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMAN 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik siklus. Pada setiap siklus terdiri dari urutan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan angket. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi meliputi triangulasi metode dan sumber. Data penelitian tindakan kelas ini meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan metode deskriptif komparatif yaitu dengan cara membandingkan hasil tindakan antar siklus. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif menggunakan model analisis interaktif Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Karanganyar. Hal ini dibuktikan dari hasil pencapaian indikator kemandirian belajar siswa pada kategori sangat tinggi pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus presentase pencapaian indikator siswa pada kategori sangat tinggi sebesar 50%, meningkat sebesar 13,89% sehingga menjadi 63,89% pada siklus I, dan meningkat lagi sebesar 16,67% sehingga menjadi 80,56% pada siklus II. Berdasarkan pencapaian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 05 Apr 2019 14:33
    Last Modified: 05 Apr 2019 14:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43484

    Actions (login required)

    View Item