Analisis Fungsi Sosialisasi Keluarga Untuk Mencapai Stabilitas Sosial dalam Pelaksanaan Full Day School di SMP Negeri 1 Surakarta

Ahmanto, Andika (2019) Analisis Fungsi Sosialisasi Keluarga Untuk Mencapai Stabilitas Sosial dalam Pelaksanaan Full Day School di SMP Negeri 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (18Kb)

    Abstract

    Hasil pada penelitian ini adalah dapat diketahui jika penerapan sistem Full Day School di SMP Negeri 1 Surakarta memunculkan persoalan baru kepada orang tua peserta didik dan peserta didik. Persoalan tersebut diantaranya adalah peserta didik belum terbiasa dengan jadwal baru yang berlaku setelah Full Day School diterapkan, masih banyaknya pemberian tugas pekerjaan rumah oleh guru menyebabkan anak memiliki sedikit waktu untuk dapat istirahat begitu juga dengan kebutuhan bersosialisasi bersama orang tua mengalami penurunan. Akibatnya pada masa awal penerapan Full Day School peserta didik mengalami kelelahan dan cenderung sulit untuk membagi waktu antara beristirahat dan belajar. Sekolah tentu telah melaksanakan upaya untuk mencegah persoalan tersebut terjadi dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh pihak yang berkaitan pada Kegiatan Belajara Mengajar di Sekolah, yakni Guru ajar, Staff, Orang tua wali murid dan peserta didik untuk saling membantu guna dapat melaksanakan sistem baru tersebut dengan baik. Namun tindakan tersebut belum dapat menyelesaikan masalah sehingga pada hasil penelitian ini diketahui akhirnya orang tua melakukan cara sendiri yang dibagi dalam dua skema untuk menyelesaikan persoalan tersebut yakni melalui skema sosialisasi dan pengendalian sosial. Melalui skema sosialisasi yakni orang tua berupaya untuk mendapatkan kesempatan pengasuhan kepada anak guna mengajarkan nilai dan norma pada beberapa varian cara, seperti membuat waktu bertemu yang sedikit menajdi lebih berkualitas, menyempatkan waktu di tengah kesibukannya bekerja, menggunakan media Handphone untuk dapat tetap berkomunikasi saat jarak memisahkan antara anak dan orang tua dan secara sengaja mengalokasikan waktu untuk bertamasya pada waktu dan hari tertentu untuk menghilangkan penat dan mendapatkan kesempatanbersosialsisi. Kemudian melalui skeman pengendalian sosial yakni orang tua memberlakukan sejumlah peraturan untuk menghindari terganggunya waktu bersosialisasi dengan anak dan menghindari terganggunnya akademik dan non akademik anak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 05 Apr 2019 14:19
    Last Modified: 05 Apr 2019 14:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43481

    Actions (login required)

    View Item