Kritik Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Sandiwara Pasinaon Karya Hanindawan Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar di SMP (Suatu Tinjauan Resepsi Sastra)

Yusuf, Alfian (2019) Kritik Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Sandiwara Pasinaon Karya Hanindawan Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar di SMP (Suatu Tinjauan Resepsi Sastra). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (101Kb)

    Abstract

    Alfian Yusuf. K4214002. KRITIK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NASKAH SANDIWARA PASINAON KARYA HANINDAWAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DI SMP (SUATU TINJAUAN RESEPSI SASTRA). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur naskah sandiwara Pasinaon karya Hanindawan, (2) kritik sosial yang terdapat dalam naskah sandiwara Pasinaon karya Hanindawan berdasarkan resepsi pembaca, (3) nilai pendidikan karakter dalam naskah sandiwara Pasinaon karya Hanindawan berdasarkan resepsi pembaca, serta (4) relevansinya sebagai materi ajar di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data struktur naskah sandiwara Pasinaon karya Hanindawan, kritik sosial dan nilai pendidikan karakter dalam naskah sandiwara Pasinaon karya Hanindawan berdasarkan resepsi pembaca. Sumber data yang digunakan adalah dokumen yang berupa naskah drama Pasinaon dan narasumber atau informan yaitu ahli sastra, seniman teater, akademisi, dosen, guru, siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui analisis isi dokumen dan wawancara terstruktur untuk memperoleh data berupa resepsi pembaca terhadap naskah sandiwara Pasinaon. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi berupa sumber data, teori, dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif berupa pengumpulan data, reduksi data, dan sajian data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini: (1) terdapat adanya deskripsi struktural dalam naskah drama Pasinaon karangan Hanindawan meliputi tujuh aspek diantaranya plot, penokohan, perwatakan, latar, tema, dialog, dan amanat, (2) terdapat adanya kritik sosial yang terkandung dalam naskah drama Pasinaon berdasarkan resepsi pembaca yaitu meliputi kritik terhadap kesenjangan sosial dan pendidikan, kritik terhadap kebijakan pemerintah, kritik terhadap kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan dan belajar, kritik terhadap pemaknaan pendidikan yang kurang tepat, kritik terhadap strata sosial berdasarkan tingkat pendidikan, dan kritik terhadap pemikiran konservatif masyarakat. (3) terdapat adanya nilai pendidikan karakter yang baik yang terdapat pada naskah drama Pasinaon berdasarkan resepsi pembaca antara lain sikap disiplin, rasa ingin tahu, peduli sosial, berbakti, kerja keras, bijaksana, dan (4) Naskah drama Pasinaon karya Hanindawan memiliki cukup banyak relevansi sebagai materi ajar di SMP kelas IX semester 1 sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 yang di dalamnya termuat kompetensi dasar 3.3 menelaah naskah sandiwara yang mengacu pada aspek pengetahuan dan 4.3 menulis dan menyajikan naskah sandiwara yang mengacu pada aspek keterampilan. Kata kunci: kritik sosial, nilai pendidikan karakter, resepsi sastra, materi ajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Rifqi Imaduddin Irfan
    Date Deposited: 05 Apr 2019 14:12
    Last Modified: 05 Apr 2019 14:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43480

    Actions (login required)

    View Item